Filosofi Senja, Kita semua bagaikan anak kecil

  • Whatsapp

Dunia Bagaikan bisa ular dan kita semua bagaikan anak kecil, sedangkan orang bijak, para arif, para wali dan para Nabi, beliau beliau layaknya orang dewasa yang bisa membedakan antara bisa ular dan yang lainnya.

Read More

Mungkin kita layaknya anak kecil bermain main dan tidak menyadari kita sedang bermain dengan ular yang berbahaya, layaknya anak kecil pada umumnya tidak mengerti mana yang bahaya dan mana yang tidak, jika kita tanpa bimbingan dan teguran para arif billah para aulia Allah yang diajarkan oleh para Nabi, niscaya anak kecil yang memegang bermain dengan ular tersebut akan digigit dengan bisa yang beracun.

dan dengan bimbingan para guru, para arif billah hingga kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Filosofi Imam al Ghazali

sebagaimana secara Filosofi Imam al Ghazali berucap :

فالناس كلهم صبيان والأموال حيات والأنبياء والعارفون معزمون قد يضر الصبي ما لا يضر معزمون

Maka sesungguhnya semua manusia itu adalah anak kecil dan harta harta adalah ular ular dan para nabi dan orang orang yang arif billah adalah orang dewasa, terkadang yang berbahaya bagi anak kecil tidak berbahaya bagi orang dewasa.

Kesimpulan Filosofi

imam al ghazali memberikan filosofi dunia seakan ular ular yang sangat berbisa dan kita semua pada dasarnya adalah anak kecil yang tidak menyadari kita bisa saja bermain dengan ular yang berbahaya, dan orang yang arif billah dan para nabi mengerti hakekat dunia dan bagaimana semestinya menggunakannya.

Jangan Lupa Share klik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.