300 Ungkapan Singkat Bahasa Arab, Ibarat Bahasa Arab, contoh kalimat bahasa arab

Posted on

Berikut ini adalah Ungkapan Ungkapan Singkat Bahasa Arab, 300 Ungkapan Singkat Bahasa Arab, Ibarat Bahasa Arab, contoh kalimat bahasa arab

Ungkapan ini disusun oleh Hanif Firdaus Habibi dkk, semoga bermanfaat dan semoga amal jariah selalu mengalir kepada mereka para pecinta bahasa arab, insya Allah, bukunya masih dalam tahap penyempurnaan,., maka dengan ini semoga manfaat dan pahala selalu mengalir kepada beliau beliau.

1) رَأَيْتُ وَجْهَكَ مُصْفَرَّ اللَّوْنِ

Aku lihat wajahmu pucat

2) شَعْرُهَا مُرْسَلَةٌ اِلَى عَاتِقِهَا

Rambutnya terurai sampai ke bahu

3) اِرْتَبَكْتُ / تَرَدَّدْتُ كُلَّمَا أُحَاضِرُ أَمَامَ النَّاسِ

Saya grogi setiap kali berceramah di depan orang banyak

4) لَا تَسْتَنْكِفْ عَنِ الْجُلُوْسِ مَعَنَا

Jangan gengsi duduk bersama kami

5) قَدْ نَادَيْتُكَ وَلكِنْ لَا تَسْتَجِيْبُ نِدَائِي

Aku telah memanggilmu tapi sayang kamu tidak merespon panggilanku

6) لَا تَتَطَفَّلْ أَمْرَ غَيْرِكَ !

Jangan suka ingin tahu urusan orang lain

7) لَا تَتَدَاخَلْ فِى أَمْرِ الْغَيْرِ !

Jangan ikut campur urusan orang lain

8) لَتَعْلَمَنَّ نَبَأَهُ بَعْدَ حِيْنٍ / اُنْظُرْ فِيْمَا بَعْدُ 

Kita lihat saja nanti

9) لَا تَكُنْ أَنَانِيًّا !

Jangan egois ( jangan semaunya sendiri )

10) لَا تُبَالِغْ هَذِهِ الْمَسْأَلَةَ

Jangan kamu besar-besarkan masalah ini

11) عَطِّرْ/ حَسِّنْ صِيْتَ هَذَا الْمَعْهَدِ

Harumkanlah nama baik (reputasi)  pondok ini

12) لَا تَحْتَقِرْ / لَا تَسْتَخِفْمَهَارَةَ هَذَا الْوَلَدِ

Jangan kamu remehkan kemampuan (skill) anak ini 

13) خَمِّنْ ! مَا تَسْتَطِيْعُ أَنْ تَقُوْلَ فِى هَذَا الْكِيْسِ

Coba tebak! apa yang ada di plastik ini

14) عَسَتْ مُدَّةُ عُكُوْفِيْ بِهَذَا الْمَعْهَدِ صَارَتْ ذِكْرَيَاتٍ جَمِيْلَةً لِيْ

Semoga masa-masa aku tinggal di pondok ini kelak menjadi kenangan indah bagiku

15) أَنَا مَسْحُوْرٌ بِجَمَالِ تِلْكَ الْمَرْأَةِ

Aku terpesona dengan kecantikan wanita itu

16) أُعْجِبْتُ / تَعَجَّبْتُ بِذَكَائِكَ

Aku kagum dengan kecerdasanmu

17) كُنْ طَالِبًا نِظَامِيًّا

Jadilah santri yang disiplin

18) هَذَا الرَّجُلُ فُكَاهِيٌّ

Orang ini humoris

19) لَا تَغْتَرَّ بِعِلْمِكَ

Jangan sok pinter

20) كِدْتُ أَنْزَلِقُ

Hampir saja saya terpeleset ^_^

21) نُقُوْدِيْ وَشِيْكُ النَّفَادِ

Uangku hampir habis

22) ِانَّمَا القِطُّ يَتَظَاهَرُ بِالرُّقُوْدِ

Kucing itu cuma pura-pura tidur

23) تَغَرَّدَتِ الْعَصَافِيْرُ فِى الصَّبَاحِ

Burung-burung pipit berkicau di pagi hari

24) هَذَا الدَّاءُ يُعْدِيْ

Penyakit ini menular

25) أَصَابَنِيْنَزَلَاتُ الْبَرْدِ

Saya masuk angin

26) ِافْتَتَنْتُ/ عَشِقْتُ بِتِلْكَ الْمَرْأَةِ

Aku jatuh hati/ jatuh cinta pada wanita itu

27) لَا أُغَالِيْعِنْدَ مَا أَقُوْلُ اِنَّكَ عَبْقَرِيٌّ

Tidak berlabihan kalau aku katakan kamu jenius

28) لَوْلَاكَ , فَمَنْ؟

Kalau bukan kamu , siapa lagi?

29) المُقَدِّمُ يَقْرَأُ تَوَقُّعَاتِ الْجَوِّ لِهَذَا الْيَوْمِ

Presenter sedang membacakan perkiraan cuaca untuk hari ini

30) أُرِيْدُ أَنْ أَشْكُوَ اِلَيْكَ عَنْ مُشْكِلَتِيْ الَّتِيْ تَهُمُّنِيْ

Aku ingin curhat kepadamu tentang masalah yang menggalaukanku

31) أُحِبُّكَ بِكُلِّ قَلْبِيْ

Aku mencintaimu sepenuh hatiku

32) اِقْبَلْنِيْ كَيْفَمَا كُنْتَ

Terimalah aku apa adanya

33) قَرَّتْ عَيْنِيْ

aku senang

34) مِنْ فَضْلِكَ , لَا تُخَيِّبْنِيْ

Tolong jangan kecewakan aku

35) نَحِّ قَلِيْلًا هَذَهِ السَّبُّوْرَةَ !

Geserlah sedikit papan tulis ini

36) تَفَسَّحْ قَلِيْلًا يَا صَاحِ !

Geser sedikit kawan….. ^_^

37) لَا بُدَّ أَنْ نَأْخُذَ الْمَسَافَةَ مِنْ هَذَا الرَّجُلِ

Kita harus jaga jarak dari orang ini

38) بِأَبْعَدَ مِنْ ذَلِكَ أُصَدِّقُهُ

Lebih dari itu aku tetap percaya

39) لَمْ أَتَوَقَّعْ أَنَكَ سَتَحْضُرُ

Saya nggak nyangka kamu bakal hadir

40) التَّسْهِيْلَاتُ لِلتَّعَلُّمِ وَ التَّعْلِيْمِ فِى هَذَا الْمَعْهَدِ مُمْتَازَةٌ

Fasilitas belajar mengajar di pondok ini istimewa

41) تِلْقَائِيًّا فَرَّتْ الْفَأْرَةُ مِنَ الْقِطِّ

Spontan tikus itu lari dari kucing

42) تَكَلَّمْتُ وَجْهًا بِوَجْهٍ مَعَ صَاحِبِيْ فِى يَمَن مِنْ خِلَالِ الْإِنْتِرْنِيْت

Saya ngobrol face to face dengan temanku di Yaman melalui internet

43) لَا يَمْلَأُ قَلْبِيْ سِوَاهَا

Tidak ada yang mengisi hatiku selain dirinya

44) أَنَا أَتَسَاءَلُ عَنْ شَخْصِيَّةِ هَذَا الْوَلَدِ

Aku penasaran tentang kepribadian anak ini

45) أُرِيْدُ أَنْ أُقَوِّمَ شَخْصِيَّتَهُ

Aku ingin menilai kepribadiannya

46) بِلَا تَعْلِيْقٍ

No coment

47) يُرْجَى مِنْجَمِيْعِ الرُّكَّابِ أَنْ يَقِفُوْا بِاسْتِعْدَادٍعِنْدَ الْبَابِ الْأَوَّلِ

Diharapkan kepada seluruh penumpang untuk stand by di gate 1

48) هَذِهِ اِشَاعَةٌ فَقَطْ

Ini cuma gosip

49) رَأَيْتُ حَرَكَاتٍ مُرِيْبَةً مِنْ ذَلِكَ الرَّجُلِ

Aku melihat gerakan yang mencurigakan

50) لَا أَذْهَبُ اِلَى أَيِّ مَكَانٍ

Saya nggak kemana-mana

51) لِمَ كَبَّرْتَ عَيْنَيْكَ حِيْنَمَا نَظَرْتَ اِلَيَّ

Kenapa matamu melotot ketika memandangku

52) عَلَيْكَ أَنْ تَثِقَ بِنَفْسِكَ

Kamu harus percaya diri (PD)

53) هَذَا الرَّجُلُ غَيْرُ عَاِبٍئ بِجِيْرَانِهِ

Orang ini cuek kepada tetangganya

54) اِجْتَذَبْتُ بِحُسْنِ أَخْلَاقِهِ

Aku tertarik dengan kebagusan moralnya

55) هَذَا مُجَرَّدُ الْعَمَلِ

Ini cuma iseng -iseng

56) حَصَلْتُ عَلَى التَّخْفِيْضِ خَمْسِيْنَ بِالْمِائَةِ

Saya dapat discount 50%

57) أَبِيْ يَفْتَحُالدُّكَّانَ بِصُوْرَةٍ صَغِيْرَةٍ أَمَامَ الْبَيْتِ

Ayahku membuka toko kecil-kecilan di depan rumah

58) الْمَعْهَدُ يَعْقِدُ بَرْنَامِجَ الْمَوْلِدِ النَّبَوِيِّ بِصُوْرَةٍ كَبِيْرَةٍ

Pondok mengadakan acara maulid besar-besaran

59) هِوَايَةُ تِلْكَ الْمَرْأَةِ التَّبَضُّعَ فِى الْمَرْكَزِ التِّجَارِيِّ

Hobi wanita itu shopping di mall

60) أَرْجُوْ مِنْكَ دِرَاسَةً سَعِيْدَةً

Selamat belajar

61) قَدِ اشْتَرَكْتُ فِى هَذِهِ الْمَجَلَّةِ رَدْحًا مِنَ الزَّمَنِ

Saya sudah berlangganan majalah ini sejak lama

62) نَحْنُ فِى حَاجَةٍ اِلَى التَسْلِيَةِ لِاِزَالَةِ الْمَلَلِ

Kita perlu hiburan untuk menghilangkan bete (bosan)

63) هُوَ كَاتِبٌ مَوْهُوْبٌ

Dia penulis yang berbakat

64) هَذِهِ حِيْلَةٌ هَادِفَةٌ

Ini adalah trik yang jitu

65) هَذَا الْوَلَدُ مَعْسُوْلٌ كَلَامُهُ

Anak ini manis perkataannya

66) أَ تَأْتِيْ وَ تَأْكُلُ ؟ [ الاستفهام للانكار ]

Enak saja kamu ini datang-datang langsung makan…. :p

67) هَذِهِ مُفَاجَأَةٌ لَكَ

Ini kejutan(surprise)  untukmu

68) قَدْ غِبْتَ عَنِّيْ كَثِيْرًا , أَيْنَ أَيَّامُكَ ؟

Kamu lama nggak kelihatan , kemana aja sich?

69) أُرِيْدُ شُرْبَ الْمَاءِ الطَّرِيِّ لِأَنَّ الْهَوَاءَ حَارٌّ

Saya pengen minum air segar karena udaranya panas

70) أَحْسَنُ لَكَ / خَيْرٌ لَكَ أَنْ تَسْكُتَ

Lebih baik kamu diam

71) هُوَ رَجُلٌ بَسِيْطٌ

Dia adalah lelaki yang simple

72) كُنْ نَفْسَكَ كَيْفَمَا كُنْتَ

Jadilah dirimu apa adanya

73) ثَمِّنْ / قَدِّرْ نَفْسِيْ

Hargailah diriku

74) لَا تُعَرْقِلْ طَرِيْقِيْ/ لَا تَقِفْ فِى طَرِيْقِيْ

Jangan halangi jalanku

75) اِطْرَحْ هَذِهِ الْعَادَةَ عُرْضَ الْحَائِطِ

Tinggalkan kebiasaan ini jauh-jauh

76) حَرَكَاتٌ ….

Ada-ada saja

77) أَبِيْ حَاوَلَ النُّقُوْدَ اِلَيَّ عَبْرَ الْحِسَابِ الْآلِي / الصَّرَّافِ الآلِي

Ayahku mentransfer uang kepadaku melalui ATM

78) أَخْبِرْنِيْ عَبْرَ الرِّسَالَةِ الْقَصِيْرَةِ

Kabari aku via SMS

79) مَعَ الْأَسَفِ غِبْتَ عَنِ الدَّرْسِ بِالْأَمْسِ

Sayang sekali kemarin kamu absen dari pelajan

80) أَحْلَامٌ سَعِيْدَةٌ يَا أَخِيْ …. ^_^

Semoga mimpi indah ( have a nice dream )

81) اِحْفَظْ نَفْسَكَ جَيِّداً

Jaga dirimu baik-baik

82) لَا تَصْلُحُ اِلَّا لِلْأَكْلِ وَ الرُّقُوْدِ

Kamu bisanya cuma makan dan tidur

83) مَا كِدْتُ أَنَامُ حَتَّى جَاءَنِيْ زَمِيْلِيْ

Baru saja aku mau tidur, eh… temanku datang

84) لَيْسَ مِنَ الْعَادَةِ أَنْ تَتَأَخَّرَ

Tumben kamu terlambat

85) الطَّقْسُ بَارِدٌ فَوْقَ الْوَصْفِ

Cuacanya panas bukan main

86) النَّدْوَةُ تَجْرِيْ عَلَى قَدَمٍ وَ سَاقٍ

Seminar berjalan dengan lancar

87) الْعَمَلِيَّةُ التَّعْلِيْمِيَّةُ فِى الْمَدْرَسَةِ الْمَعْزُوْلَةِ  تَجْرِيْبِقَدْرِ الْإِمْكَانِيَّةِ

Proses mengajar di sekolah terpencil berjalan alakadarnya

88) هَذَا الْمَسْجِدُ لَا يَسَعُ سَائِرَ الطُّلَّابِ

Mesjid ini tidak bisa memuat seluruh santri

89) لِمَ فَقَدْتَ وَعْيَكَ ؟

Kenapa kamu nggak sadar-sadar

90) تَحَادَثْ مَعِيْ لَاحِقاً / فِيْمَا بَعْدُ !

Ngobrol lah bersamaku nanti

91) يَهُمُّنِيْ هَذِهِ الْقَضِيَّةُ

Kejadian ini membuatku sumpek / suntuk

92) أَنَا مَهْمُوْمٌ فِى الْغَايَةِ

Aku suntuk / galau banget

93) أَنَا سَائِمٌ جِدًّا

Aku bete banget

94) هَذَهِ السَّاعَةُ غَيْرُ مَضْبُوْطَةٍ

Jam ini tidak tepat

95) لَا تَكُنْ مُدَلَّعاً

Jangan manja

96) هَذِهِ الْحُجْرَةُ مُرِيْحَةٌجِدًّا

Kamar ini nyaman sekali

97) هَذَا الثَّوْبُ أَكْبَرُ مِنَ الْمِقْيَاسِ

Baju ini kebesaran

98) الرُّزُّ أَكْثَرُ مِنَ اللَّازِمِ/ الْحَاجَةِ

Nasinya kebanyakan

99) هَلْ حَجَزْتَ الْمَقْعَدَ لِمُشَاهَدَةِ السِّيْنَمَا اللَّيْلَةَ

Sudahkah kamu memesan tempat duduk untukmenonton bioskop malam ini

100) أَنْتَ مُجَازِفٌ

Kamu ngawur

101) ثَمَنُ الْهَاتِفِ الْمُسْتَعْمَلِ أَرْخَصُ بِكَثِيْرٍ

Harga HP second jauh lebih murah

102) اُرِيْدُ اًنْ أَجْعَلَ الدَّرْسَ نَصْبَ عَيْنِيْ

Saya ingin fokus pada pelajaran

103) لَا تَخْجَلْ !

Jangan malu-malu kucing

104) لَا تَغْتَبْ أَحَدًاً

Jangan menggosip siapa pun                 

105) مِنْ فَضْلِكَ لَا تُبَالِغْ / لَا تُغَالِ فِى الْكَلَامِ

Tolong jangan lebay

106) كَلَامُكَ لَا عَلَاقَةَ بِالْحِوَارِ

Perkataanmu nggak nyambung

107) هَذِهِ قَهْوَةٌ سَرِيْعَةُ التَّحْضِيْرِ

Ini kopi instan

108) مِنْ حُسْنِ نَصِيْبُيْ أَنِّي لَا أَتَأَخَّرُ

Untung saja saya nggak terlambat

109) مَاذَا حَدَثَ ؟

Ada apa sich?

110) لَا شَيْءَ يَا أَخِيْ ….

Nggak ada apa-apa kok….

111) مَا أَصَابَنِيْ شَيْءٌ

Aku nggak kenapa-kenapa kok

112) اِنْتَبِهْ ! لَعَلَّهُ نَشَّالٌ

Hati-hati, jangan-jangan dia copet

113) أَتَوَقَّعُ أَنَّ الضَّيْفَ سَيَأْتِيْ عَنْ قَرِيْبٍ

Saya perkirakan tamu akan datang sebentar lagi

114) الْفَرَاشَةُ تَحُطُّ عَلَى الْيَاسْمِيْن

Kupu-kupu hinggap di atas bunga melati

115) اِنْفَتَحَتِ الْوَرْدَةُ وَ فَاحَتْ رَائِحَتُهَا

Bunga mawar itu mekar dan semerbak wanginya

116) اِخْتَرْ مَا شِئْتَ , أَنَا ضَامِنٌ / عَلَى حِسَابِيْ

Pilihlah yang kamu mau, saya yang traktir

117) عَلَى الْفِكْرَةِ , اَيْنَ مَسْقَطُ رَأْسِكَ ؟

Ngomong-ngomong(BTW) , dimana kampunghalamanmu

118) مَا أَحْسَنَ كِتَابَتَكَ …..

Alangkah bagusnya tulisanmu

119) لَا تُثَرْثِرْ / لَا تَكُنْ ثَرْثَارًا

Jangan banyak omong

120) لَا تَتَبَرَّأْ عَنْ هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ

Jangan lari dari masalah ini

121) هُوَ رَجُلٌ مُهَابٌ / ذُوْ هَيْبَةٍ

Dia lelaki yang berwibawa

122) هَذَا الْبَيْتُ مُتَوَاضِعٌ جِدًّا

Rumah ini sederhana sekali

123) الْجَوُّ هُنَا غَيْرُ مُنَاسِبٍ لِيْ

Suasana di sini tidak cocok buatku

124) هَذِهِ خِبْرَةٌ مُؤَثِّرَةٌ

Ini merupakan pengalaman yang mengesankan

125) لِمَاذَا تَعْتَنِيْ بِيْ؟! مَا الْعَلَاقَةُ بَيْنِيْ وَ بَيْنَكَ ؟؟

Kenapa sich kamu perhatian banget sama aku?!Emangnya kamu siapa??

126) لَا عَلَاقَةَ بَيْنِيْ وَ بَيْنَكَ

Kamu bukan siapa-siapanya aku

127) قَدِ اتَّصَلْتُ بِكَ وَلَكِنَّ جَوَّالَكَ غَيْرُ مُشَغَّلٍ

Saya sudah menelfonmu tapi hpmu nggak aktif

128) الْبِيْئَةُ تُؤَثِّرُ طَبِيْعَةَ شَخْصٍ

Lingkungan bisa mempengaruhi karakter seseorang

129) مَالِي شُغْلٌ بِهِ / لَا أُبَالِي بِهِ / مَا لِيْ وَ مَا لَهُ ؟؟

Emang gua pikirin (EGP)

130) تِلْكَ الْمَرْأَةُ لَا بَأْسَ بِهَا

Wanita itu lumayan

131) مَلَابِسِيْ تَرَاكَمَتْ فِى الْخِزَانَةِ

Pakaian-pakaianku bertumpuk di lemari

132) يَا أَسَفَاهْ ….. فَاتَنِيْ الْقِطَارُ

Yah… aku ketinggalan kereta

133) لَمْ أَتَحَمَّلْ عَلَى شِدَّةِ الْحَرَارَةِ

Aku nggak tahan kepanasan

134) أَنَا عَرْقَانُ جِدًّا

Aku gerah sekali

135) عَفْواً , سَبَقَ لِسَانِيْ

Maaf, aku keceplosan ….. ^_^

136) لَا تُسِئِ الْأَدَبَ اِلَيَّ

Jangan kurang ajar sama saya

137) مُحَاوَلَتيْ صَارَتْ هَبَاءً مَنْثُوْرًا

Usahaku sia-sia

138) هَذَا الْوَلَدُ لَنْ يَرْتَدِعْ / لَنْ يَمْتَنِعْ عَنْ دُخُوْلِ مَقْهَى الْإِنْتِرْنِيْت مَهْمَا عُزِّرَ

Anak ini nggak bakal jera masuk warnet meskipunsudah disangsi

139) لَا يَهُمُّكَ هَذَا الْأَمْرُ / لَا تَأْخُذْ بِبَالِكَ يَا أَخِيْ

Jangan kamu ambil pusing masalalah ini

140) لمِاَذَا تَخَيَّلْتَ كَثِيْرًا ِفى هَذِهِ الْأَوَاخِرِ؟ 

Kenapa kamu sering melamun akhir-akhir ini?

141) كَمِّلْ ( يقال لمن لم ينته من عمله مثل الأكل و غيره )

Habiskan/ selesaikan

142) أَشْفِقْ عَلَى هَذَا السَّائِلِ

Kasihanilah pengemis ini

143) بَرْهِنْ لِيْ أَنَّكَ قَادِرٌ

Buktikan padaku klo kamu bisa

144) أَطَلَّتِ الْمَرْأَةُ مِنْ خِلَالِ النَّافِذَةِ

Wanita itu mengintip dari celah jendela

145) اِحْمَرَّ وَجْهُهَا مِنِ اسْتِحْيَاءٍ

Wajahnya memerah karena malu

146) لَمْ يَبْدُ مِنْ وَجْهِكَ أَنَّكَ سَتُصْبِحُ فَائِزًا

Kamu nggak potongan jadi juara

147) اِحْفَظْ هَذِهِ الصُّوْرَةَ تِذْكَارِيَّةً مِنِّيْ

Simpanlah foto ini sebagai kenang-kenangan dariku

148) هُنَا أَنَا فِى انْتِظَارِكَ دَائِمًا

Disini aku selalu menantimu

149) اِسْمُك مَنْقُوْشٌ جَمِيْلًا فِى سُوَيْدَاءِ قَلْبِيْ

Namamu terukir indah di lubuk hatiku yang palingdalam ^_^

150) خَلِّنِيْ / دَعْنِيْ أَسْتَرِيْحُ لَحْظَةً

Biarkan saya istirahat sebentar

151) حَقِيْقَةً يَا أَخِيْ ؟!

Beneran nich?!

152) لَا أَسْتَطِيْعُ أُنْ أُحَقِّقَ

Saya tidak bisa memastikan

153) مِنْ فَضْلِك , لَا تَبْرَحْ عَنْ مَكَانِكَ

Tolong jangan kemana-mana

154) لَا أَذْهَبُ اِلَى أَيِّ مَكَانٍ

Saya nggak kemana-mana kok

155) عَفْوًا , هَذَا مِنْ أَصْلِ الْخِلْقَةِ

Maaf, ini sudah dari sananya ^_^

156) الْمُكَيِّفُ لَا يُجْدِيْ شَيْئًا

ACnya nggak berfungsi

157) الدَّوَاءُ نَاجِعٌ جِدًّا

Obatnya manjur sekali

158) يَالَيْتَ لِيْ بَيْتًا فَاخِراً

Andai saja aku punya rumah yang mewah

159) كُنْ رَجُلًا بِمَعْنَى الْكَلِمَةِ

Jadilah lelaki sejati

160) كُلُوْا وَ اشْرَبُوْا ….. هَنِيْئًا مَرِيْئًا لَكُمْ

Silakan makan dan minum yang enak…..

161) تَفَضَّلْ اُدْخُلْ ! الْبَيْتُ بَيْتُكُمْ

Silakan masuk , anggap saja rumah sendiri

162) قَدْ أَسَأْتُ بِهِ الظَّنَّ

Aku sudah salah menilainya

163) لَا تَتَكَلَّمْ بِكَلَامٍ تَافِهٍ

Jangan ngegombal

164) مَا لِيْ شَهِيَّةٌ الْآنَ

Saya lagi nggak mood nich

165) كَمِّلْ شُغْلَك ! فَإِنَّهُ عَلَى وَشَكِ اْلاِنْتِهآء

Selesaikan pekerjaanmu! Soalnya nanggung

166) أَنْتَ مُتَخَلِّفٌ

Kamu ketinggalan zaman

167) أَنْتَ جَمِيْلٌ , وَ لَكِنِّيْ أَجْمَلُ مِنْكَ إِلَى حَدٍّ مَا

Kamu memang ganteng tapi aku sedikit lebih ganteng^_^

168) تَفَرَّجْتُ الْبَارِحَةَ الْفِلْمَ الَّذِيْ أَثَارَ الْعَوَاطِفَ

Tadi malam aku menonton film yang  mengharukan

169) هَذَا الْوَلَدُ لَا يُخَالِفُ قَطُّ … اللَّهُمَّ مَرَّةً أَوْ مَرَّتَيْنِ

Anak ini nggak pernah melanggar, ya…. paling-palingsekali dua kali

170) هَذَا الرَّجُلُ لَا يُحِبُّ الْمُجَامَلَةَ

Orang ini tidak suka berbasa-basi

171) لَا تَتَكَالَبْ !

Jangan berebut

172) لَيْسَ لَهُ نَظِيْرٌ / لَا ثَانِيَ لَهُ 

Tidak ada duanya

173) أُرِيْدُ أَنْ أَتَفَقَّدْ أَوَّلاً

Saya mau cari tahu dulu

174) “مَدْرِيْد” فَرِيْقٌ مُفَضَّلٌ اِلَيَّ

Madrid club favoritku

175) هُوَ مُسْتَغْضِبٌ جِدًّا

Dia ngenekin (jengkelin) banget

176) الْمَفْرُوْضُ نَنْظُرُ إِلَى الْأَوْضَاعِ وَ الظُّرُوْفِ مُقَدَّمًا

Seharusnya kita melihat sikon dulu

177) حَصَلْنَا عَلَى الْمَرْكَزِ الْأَوَّلِ فِى مُسَابَقَةِ الْإِمَاطَةِ

Kami mendapatkan juara pertama dalam perlombaancerdas cermat

178) سَالَ لُعَابُكَ

Kamu ngiler

179) هَذَا الْأُسْتَاُذ يُشَارُ إِلَيْهِ بِالْبَنَانِ فِى عِلْمِ الْفَلَكِ

Ustadz ini diacungi jempol dalam ilmu astronomi

180) هَلْ سَبَقَ لَكَ أَنْ تَتَنَزَّهَ إِلَى جَزِيْرَةِ ” لُوْمبُوك”

Apakah kamu pernah jalan-jalan ke pulau Lombok

181) لَا تُشْغِلْ نَفْسَكَ !

Nggak usah repot-repot

182) لَا تَغْتَرَّ بِنَفْسِكَ

Jangan GR / sok-sok an

183) الْمُبَارَاُة بَيْنَ الْفَرِيْقِ الْوَطَنِيِّ وَ الْفَرِيْقِ الْمَلَازِي تَكُوْنُ فِى اِسْتَادْ ” بوغ كارنو ”

Pertandingan antara TIMNAS dan tim Malaysia akandiadakan di Glora Bung Karno

184) الْحَارِسُ كَاسِيْلَاسْ تَلَقَّفّ الْكُرَةَ الَّتِيْ رَفَسَهَا الْمُهَاجِمُ مِيْشِيْ

Kiper Casilas menangkap bola yang ditendang streakerMessi

185) الْمُهَاجِمُ رونلدو سَجَّلَ الْهَدَفَ فِى خَمْسِ دَقَائِقَ الْأَخِيْرَةِ

Streaker Ronaldo mencetak gol di 5 menit terakhir

186) لَهُ هُوَّاةٌ/ عُشَّاقٌ مُنْتَشِرُوْنَ فِى آفَاقِ إنْدُوْنِيْسِيَا

Dia memiliki fans yang tersebar di penjuru Indonesia

187) كُلُّ شَيْءٍ مُحْتًمًلٌ

Apa aja boleh!

188) كُلُّ مَكَانٍ مُحْتَمَلٌ

Dimana aja boleh!

189) لَوَّحْتُ يَدِيْ مِنْ وَرَآءِ زُجَاجِ السَّيَّارَةِ

Saya melambaikan tangan dari belakang kaca mobil

190) قُلْ لِيْ بِالصَّرَاحَةِ وَ لَا تَسْتَحْيِ

Katakanlah kepadaku terus terang dan jangan malu-malu

191) لَا تَضْحَكْ مِنِّيْ

Jangan tertawakan aku

192) مَحَطَّةُ الْبِنْزِيْنِ مَفْتُوْحَةٌ عَلَى مَدَارِ السَّاعَةِ

Pom bensin buka 24 jam

193) أَصَابَتْهُ الْغَيْبُوْبَةُ لِمُدَّةِ شَهْرٍ

Dia koma selama sebulan

194) وَثِئَتْ يَدِيْ وَ تَوَرَّمَتْ رِجْلِيْ

Tanganku keseleo dan kakiku bengkak

195) هَذَا الرَّجُلُ مُحْبَاطٌ

Orang ini stress

196) مَالَكَ تَسْكُتْ ؟  مَاذَا تُفَكِّرُ ؟

Kok kamu diam? Lagi mikirin apa sich?

197) اِمْتِحَانُ الْقَبُوْلِ لِلْاِلْتِحَاِق فِى الدِّرَاسَةِ الْعُلْيَا بِجَامِعَةِ الْأَحْقَافِ سَيَكُوْنُ بَعْدَ أُسْبُوْعَيْنِ

Tes penerimaan study S2 di Universitas Al Ahgaff akandiadakan setelah 2 minggu

198) الْخَطُّ مَشْغُوْلٌ

Jaringan sibuk

199) أَنَا مِنْ عُشَّاقِ الْكُرَةِ

Saya gibol

200) لَا تَفْتَرِ عَلَيَّ

Jangan mengada-ngada

201) لَوْلَا الْآنَ فَمَتَى ؟

Klo bukan sekarang kapan lagi?

202) الْحَادِثَةُ قَدْ مَضَتْ وَ فَاتَتْ

Kejadian itu sudah terlanjur

203) يَظْهَرُ مِنْ مَلَامِحِ وَجْهِهِ أَنَّهُ فِى حَالَةِ الْحُزْنِ

Nampak dari ekspresi wajahnya bahwa ia sedang sedih

204) دُفِعْتُ تَمَامَ الدِّفَاعِ

Aku ditolak mentah-mentah

205) لَا تَدَعْنِيْ وَحْدِيْ / لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا

Jangan biarkan aku sendiri

206) هَذَا الْكَلَامُ طَوِيْلُ الذَّيْلِ 

Pembicaraan ini nggak ada habisnya

207) اِجْتَهِدْ مَا دُمْتَ فِى الْمَعْهَدِ 

Bersungguh-sungguhlah mumpung kamu di pondok

208) أَنَا مُنْكَسِرُ القَلْبِ

Aku patah hati

209) هَذِهِ رِوَايَةٌ كَثِيْرُ الرَّوَاجِ

Ini novel best seller

210) هَذِهِ مَسْؤُوْلِيَّتِيْ

Ini adalah tanggung jawabku

211) هَلْ يَطُوْلُ الْاِنْتِظَارُ ؟

Nunggunya lama nggak??

212) مَا كُنْتُ أَتَوَقَّعُ كَيْفَ وَقَعَتْ هَذَهِ الْحَادِتَةُ ؟؟

Saya nggak habis fikir bagaimana ini bisa terjadi ??

213) مَا زِلْتُ أَعْزَبَ

Saya masih single

214) ذَهَبَتِ الْمَرْأَةُ إِلَى الْمُسْتَقْصَفِ مَعَ زَوْجِهَا لِفَحْصِ جَنِيْنِهَا

Wanita itu pergi ke puskesmas bersama suaminya untukmemeriksa kandungannya

215) هَذَا الْحِوَارُ لَا طَائِلَ تَحْتَهُ

Diskusi ini nggak ada gunanya

216) اِفْتَقَدْتُ الْمَعْنَوِيَّةَ فِى الدَّرْسِ

Saya kehilangan semangat dalam belajar

217) هَذَا الْمَكَانُ إِسْتِرَاتِيْجِيَا

Tempat ini strategis

218) لِعْبُ هَذَا الرَّجُلِ رَائِعٌ جِدًّا

Permainan orang ini sangat spektakuler

219) سَأَقْضِيْ أَيَّامَ الْإِجَازَةِ بِالتَّنَزُّهِ إِلَى قِمَّةِ الْجَبَلِ

Saya akan menghabiskan waktu libur dengan jalan-jalanke puncak gunung

220) كَلَامُكَ وَاقِعٌ فِى نَفْسِيْ

Perkataanmu menyentuh hatiku

221) فِى صِغَرِيْ كُنْتُ وَلَدًا مُشَاغِبًا

Waktu masih kecil aku adalah anak yang nakal

222) سَأُوَاصِلُ دِرَاسَتِيْ إِلَى الْمَعْهَدِ الْعَالِيْ بِبَنْدُوْج

Saya akan meneruskan study ke ITB

223) لَا تَتَّهِمْ أَحَدًا بِدُوْنِ بُرْهَانٍ

Jangan mencurigai seseorang tanpa bukti

224) أَنْتِ شِبْهُ الْحُوْرِيَّةِ

Kamu seperti bidadari

225) مَعْدِنُ الْفَحْمِ الْحَجَرِيِّ يُوْجَدُ كَثِيْرًا فِى جَزِيْرَةِ كَلِمَنْتَانْ

Pertambangan batu bara banyak ditemukan di pulauKalimantan

226) أَنَا مُحَايِدٌ

Saya netral

227) الْحُكُوْمَةُ تُقَرِّرُ عَلَى تَشْيِيْدِ الْمَرْكَزِ الْإِسْلَامِيِّ بِوَسَطِ الْمَدِيْنَةِ

Pemerintah memutuskan untuk membangun Islamiccanter di tengah kota

228) الطُّلَّابُ يَرْغَبُوْنَ رَغْبَةً شَدِيْدَةً فِى تَعَمُّقِ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ

Para santri sangat antusias dalam mendalami bahasaarab

229) تَتَرَاءَى الْمَرْأَةُ فِى حُجْرَتِهَا

Wanita itu bercermin di kamarnya

230) لَا تَجْتَذِبِ الْأَنْظَارَ إِلَيَّ

Jangan caper ( cari perhatian )

231) فِى عَصْرِ الْعَوْلَمَةِ بِمُجَرَّدِ الضَّغْطِ بِوُسْعِنَا أَنْ نَعْرِفَ الْأَخْبَارَ الْمُسْتَجَدَّةَ فِى أَنْحَاءِ الْعَالَمِ

Di zaman globalisasi hanya dengan KLIK , kita bisamengetahui info-info hangat di belahan dunia

232) مَنْ صَاحِبُ هَذَا الْكِتَابِ ؟

Siapa pemilik kitab ini ?

233) جَرِّبْ وَ لَا حَرَجَ

Tidak ada salahnya mencoba

234) حَالَفَكَ الْحَظُّ

Kamu beruntung (mujur)

234) عَشْعَشَ الطَّيْرُ عَلَى شَجَرَةِ السَّرْوِ

Burung itu bersarang di atas pohon cemara

235) قَدْ حَاوَلْتُ مُحَاوَلَةً مُسْتَمِيْتَةً وَ لَكِنِّيْ فَاشِلٌ

Aku sudah berusahan mati-matian tetapi aku gagal  -_-“

236) عَلَى كُلِّ حَالِ

Bagaimana pun juga

237) شَعُرْتُ بِالْاِنْتِعَاشِ بَعْدَ شُرْبِ الشَّاهِي الْفَاتِرِ

Saya merasa rileks setelah minum teh hangat

238) هَذَا الْوَلَدُ خَفِيْفُ الْحَرَكَةِ

Anak ini lincah

239) لَا تُجَازِفْ / لَا تَتَهَرْوَلْ / لَا تَكُنْ عَشْوَائِيًّا

Jangan ngawur

240) الْجَمَالُ نِسْبِيٌّ

Cantik itu relatif

241) فُلُوْسِيْ عَلَى قَدْرِ الْكِفَايَةِ

Uangku pas-pasan

242) سَلْ وَ لَا حَرَجَ

Tidak ada salahnya bertanya

243) كُنْ رَجُلًا مَرِنًا

Jadilah orang yang fleksible

244) لَا تَسْتَرِقِ السَّمْعَ

Jangan nguping

245) غَلَبَنِي الْبَوْلُ

Aku kebelet kencing 

246) مُنْتَدَى الْكُتَّابِ وَ الْأُدَبَاءِ يَعْقِدُ الْاِجْتِمَاعَ فِى الْمَرْكَزِ اللُّغَوِيِّ

Komunitas penulis dan sastrawan mengadakanpertemuan di Language Canter

247) أرجو أن لَا تَتَحَسَّسَ بِكَلَامِيْ

Saya harap kamu tidak tersinggung dengan perkataansaya

248) أَتَغِيْرُ مِنِّيْ ؟؟؟

Kamu cemburu sama aku ya? ^_^

249) أَنْتَ حَسَّاسٌ جِدًّا

Kamu sensitif banget….

250) اَصَابَنِيْ الْحَسَّاسِيَّةُ إِذَا أَكَلْتُ السَّمَكَ

Saya alergi klo makan ikan

251) لَا تُبَشْبِشِ الْجِهَازَ الْمَحْمُوْلَ لِيْ

Jangan kamu pencet-pencet (ngetik) laptop punya saya

252) الزَّيُّ عَلَى هَذَا الْمُوْضَةِ مُلَائِمٌ بِكَ

Kostum model ini cocok untukmu

253) لَسْتُ أَهْلًا لِإِلْقَاءِ كَلِمَةِ التَّرْحِيْبِ فِى هَذَا الْبَرْنَامِجِ

Saya nggak pantes menyampaikan kata sambutan diacara ini

254) الشَّوْقُ يُقَوِّيْ أَوَاصِرَ الْمَوَدَّةِ بَيْنَنَا 

Rasa rindu akan memperkuat ikatan cinta antara kita

255) لَا تَقْطَعُنَا الْمَسَافَةُ مَهْمَا بَعُدَتْ لِأَنَّكَّ صَدِيْقِيْ الْحَمِيْمِ

Jarak tidak akan memisahkan kita meski jauh karenakamu adalah teman sejatiku

256) الْاِخْتِلَاطُ الْحُرُّ لَدَى الْمُرَاهِقِيْنَ صَارَتْ شَيْئًا مَأْلُوْفًا فِى هَذَا الْعَصْرِ

Pergaulan bebas di kalangan ABG sudah menjadi halyang lumrah pada zaman sekarang

257) أَتَوَقَّعُ أَنَّ هَذَا مِنْ تَطَاوُلِ الْأَصْحَابِ

Saya kira ini disebabkan perbuatan iseng teman-teman

258) هَذِهِ الْقَاعَةُ مُتَعَدِّدُ الْجَدْوَى

Ruangan ini multi fungsi

259) أَحْمَدُ لَا يَتَمَالَكُ أَنْ يَضْحَكَ عِنْدَ مُشَاهَدَةِ تَمْثِيْلِ الْمُهَرِّجِيْنَ

Ahmad nggak tahan tertawa ketika nonton penampilankomedi 

260) أُرِيْدُ أَنْ أَتَرَوَّشَ

Saya pengen mandi keramas

261) سَأُنْعِشْ نَفْسِيْ بِالتِّجْوَالِ حَوْلَ حَدِيْقَةِ الْمَدِيْنَةِ

Saya mau refreshing dengan jalan-jalan di sekitar alun-alun

262) الطُّلَّابُ الْجَامِعِيُّوْنَ يَتَبَادَلُوْنَ الْآرَاءَ فِى الْأُمُوْرِ الْاِجْتِمَاعِيَّةِ

Para mahasiswa sedang sharring mengenai urusan sosial

263) زَيْدٌ يُلْفِتُ أَنْظَارَ أَصْحَابِهِ بِفِعْلِ شَيْءٍ مُضْحِكٍ

Zaid mengalihkan prhatian teman-temannya denganmelakukan hal yang konyol

264) اللِّبَاسُ عَلَى هَذَا الطِّرَازِ قَدْ تَدَاوَلَ فِى هَذِهِ الْمَدِيْنَةِ

Pakaian model seperti ini sudah populer di kota ini

265) اِقْتَصِدُوْا فِى اسْتِعْمَالِ الْمَاءِ

Hematlah dalam menggunakan air

266) عَسَى أَنْ يَتَحَقَّقَ أَحْلَامِيْ

Semoga impianku menjadi kenyataan

267) الْمُحَقِّقُ يُحَلِّلُ الْقَضِيَّةَ الَّتِيْ وَقَعَتْ فِى الْبَنْكِ

Detektif itu sedang menganalisa kasus yang terjadi dibank

268) الْمُشَجِّعُ يُحَفِّزُ الْحَاضِرِيْنَ عَلَى التَّرْكِيْزِ فِى تَحْقِيْقِ أَحْلَامِهِمْ

Motifator itu memotifasi para hadirin untuk fokusdalam mewujudkan impian mereka

269) لِمَ عَبَسْتَ يَا أَخِيْ ؟

Kok kamu cemberut ?

270) ذُقْ هَذِهِ الطِّبَاخَةَ

Cicipilah masakan ini!

271) الْفَرِيْقِ الْمُوْسِيْقِيُّ نوح (Noah) يَعْقِدُ الْمَهْرَجَانَ الْمُوْسِيْقِيَّ فِى الْعَاصِمَةِ

Grup band Noah mengadakan konser di ibukota

272) هَذَا الرَّجُلُ كَثِيْرُ الْعَاشِقَاتِ

Laki-laki ini playboy

273) وَجَدْتُ عِدَّةَ شُبُهَاتٍ فِى هَذَا الْكِتَابِ

Saya menemukan beberapa kerancuan pada buku ini

274) الْمَعْهَدُ سَيَقُوْمُ بِإعَادَةِ تَصْمِيْمِ الْبِنَايَةِ الْقَدِيْمَةِ

Pondok akan merenofasi bangunan lama

275) التُّجَار يَمْنَحُوْنَ التَّخْفِيْضَاتِ الْهَائِلَةَ عَلَى زَبَائِنِهِمْ بِمُنَاسَبَةِ عِيْدِ الْفِطْرِ

Para pedagang memberikan discount gila-gilaan kepadapara pelanggan mereka dalam rangkahari raya IdulFitri

276) الْمَاءُ الصِّحِّي يُحْتَاجُ إِلَيْهِ لِصِحَّةِ الْبَدَنِ

Air mineral diperlukan untuk kesehatan tubuh

277) بَدِّلْ رَنَّةَ جَوَّالِكَ بِأُخْرَى

Ganti nada dering hp kamu dengan yang lain

278) رَنَّ جَوَّالُكَ يَا أَخِيْ

Hpmu bunyi tuh…

279) لِمَاذَا لَا تَعْبَأُ بِيْ ؟

Kok kamu cuek sama aku sich ?

280) سَدًّا لِلذَّرَائِعِ

Untuk mengantisipasi

281) أَنْتَ مَصْدَرُ الْإِيْحَاءَاتِ / الْإِلْهَامَاتِ

Kamu sumber inspirasi

282) أُرِيْدُ أَنْ أَسْتَلْهِمَ / أَسْتَوْحِيْ أَوَّلًا

Saya mau cari inspirasi dulu          

283) التَّطْبِيْقَاتُ لِجَوَّالِ android جَذَّابَةٌ وَ مُتَنَوِّعَةٌ

Aplikasi hp android sangat menarik dan bermacam-macam

284) كِتَابُ أَلْفِ لَيْلَةٍ وَ لَيْلَة عِبَارَةٌ عَنِ الْأَدَبِ الْفَارِسِيِّ

Buku seribu satu malam merupakan sastra Persia

285) بِشَكْلٍ أُسْبُوْعِيٍّ جَاءَ إِلَى هَذِهِ الْجَامِعَةِ الْأُسْتَاذُ الزَّائِرُ مِنْ خَارِجِ الْبِلَادِ

Setiap minggu universitas kedatangan dosen terbangdari luar negari

286) تَفَرَّجْتُ الْمُبَارَاةَ بَيْنَ MU وَ مَدْرِيْد عَبْرَ النَّشْرِ الْمُبَاشِرِ بِقَنَاةِ ش

Saya nonton pertandingan antara MU dan Madridmelalui siaran langsung (live) di channel SCTV

287) الشَّهَادَةُ فِى هَذَا الْمَعْهَدِ بِمَثَابَةِ شَهَادَةِ الْمَدْرَسَةِ الْحُكُوْمِيَّةِ

Ijazah di pondok ini setara dengan ijazah sekolah negeri

288) أَمَرَنِيْ أُمِّيْ بِشِرَاءِ الْحَفَاظَةِ لِأَخِي الصَّغِيْرِ

Saya disuruh ibu membeli popok untuk adik

289) لَا تُدَافِعِ الْبَوْلَ فَإِنَّهُ يَضُرُّ الصِّحَّةَ

Janganlah kamu menahan kencing karena hal itumembahayakan kesehatan

290) حِفْظُ الْمُرُوْءَةِ مُهِمٌّ

Jaga image (jaim) itu penting

291) لَا تَفْعَلْ حَسْبَ هَوَاكَ

Jangan semaunya sendiri

292) هَذِهِ اللِّعْبَةُ جَذَّابَةٌ جِدًّا

Game ini menarik sekali

293) سَأُقَيِّدُ نُمْرَةَ جَوَّالِكَ فِى دَفْتَرِ الْجَيْبِ مَخَافَةً مِنَ النِّسْيَانِ

Saya akan tulis no hp kamu di notes jaga-jaga klo lupa

294) التَّطْبِيْقُ لَا يَقِلُّ أَهَمِّيَّةً مِنْ مُجَرَّدِ النَّظَرِيَّةِ

Praktek nggak kalah penting dari sekedar teori

295) هَلْ تَحْتَاجُ إِلَى شَيْءٍ آخُذُهَا لَكَ

Apa perlu saya ambilkan sesuatu

296) هَلْ لَكَ أَنْ تُعَلِّمَنِيْ كَيْفِيَّةَ التَّوْفِيْرِ فِى الْبَنْكِ ؟

Maukah kamu mengajariku cara menabung di bank?

297) هُوَ أَكْثَرُ مِنِّيْ خِبْرَةً

Dia lebih berpengalaman dibanding aku

298) كَأَنَّكَ غَنِيٌّ فَتَحْتَقِرُ غَيْرَكَ

Mentang-mentang kamu kaya lalu merendahkan oranglain

299) اِقْرَؤُوْا بِصَوْتٍ وَاحِدٍ

Bacalah dengan serempak

300) ظَنَنْتُهُ مَاهِرًا فَإِذَا هُوَ مِثْلِيْ

Saya kira dia pandai ternyata sama sepertiku

301) اِفْرِضْ عَدَمَ حُدُوْثِ شَيْءٍ

Anggap saja nggak terjadi apa-apa

302) لَمْ أَصْبِرْ عَلَى الرُّجُوْعِ

Saya nggak sabaran pengen pulang

303) أَنْتَظِرُكَ هُنَا بَيْنَمَا تَأْكُلُ فِى الْمَطْعَمِ  

Saya menunggumu disini sementara kamu makan direstoran

303) أَبْطَلْتُ السَّفَرَ إِلَى خَاِرجِ الْمَدِيْنَةِ

Saya nggak jadi bepergian ke luar kota

304) مَا مَضَى فَاتَ

Yang berlalu biarlah berlalu

305) هَذَا شَيْءٌ عَادِيٌّ يَا أَخِيْ

Biasa aja kali….

306) لَا تَتَذَمَّرْ كَثِيْرًا

Jangan ngomel melulu

307) مَاذَا تُرِيْدُ أَنْ تَكُوْنَ فِى الْمُسْتَقْبَلِ ؟

Kamu mau jadi apa nanti ?

308) مَنْ ضَاعَ مِنْهُ الْفُلُوْسُ فَلْيَأْتِ إِلَى نُقْطَةِ الْحِرَاسَةِ

Siapa yang merasa kehilangan uang supaya datang kepos jaga

309) أَ تَأْكُلُ  فَتَذْهَبُ ؟!

Enak banget kamu, habis makan langsung pergi…

310) مِنْ فَضْلِكَ , بَلِّغْ سَلَامِيْ إِلَى الْأَصْحَابِ فِى الْمَعْهَدِ

 Tolong sampaikan salamku kepada teman-teman dipondok

311) يَا سَلَامُ / وَا عَجَبَاهْ

So sweet J

312) نِهَايَةٌ سَعِيْدَةٌ ^_^

Happy anding

313) إِلَى اللِّقَاءِ

Sampai jumpa

**** ( 0_o ) ****

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Gravatar Image
http://hilyah.id/ dengan Hilyah belajar Bahasa Arab lebih Mudah, Web ini disajikan oleh Nur Hanifansyah, berupa Materi Sederhana untuk memudahkan belajar bahasa arab dan inggris, kumpulan ceramah agama, khutbah, cerita tentang para ulama, para habaib dan para salaf sholeh, juga menyajikan pembelajaraan bahasa arab yang mudah sesuai tingkatan, pemula, menengah dan mahir / advanced, Mohon Dukungannya Selalu untuk Hilyah.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *