Tips Sehat, Kebiasaan kebiasaan “Receh” ini ternyata “Lumayan” berbahaya!

  • Whatsapp

Kali ini kita akan membahas tips kesehatan, tips ini selalu sering terlewatkan dan diabaikan, hingga kemudian kita tidak terasa terperangkap dalam kebiasaan buruk. Kebiasaan kebiasaan “Receh” ini ternyata “Lumayan” berbahaya!

Kesehatan merupakan harta yang tidak terhingga, ketika kesehatan kita terganggu, maka kita akan kesulitan menjalankan aktivitas sehari-hari, apalagi kalau sudah semakin memburuk, bisa-bisa jutaan bahkan puluhan juta bisa habis untuk mengembalikannya seperti sedia kala.

Tapi banyak dari kita yang terkadang melakukan suatu aktivitas dan suatu kegiatan tanpa tau akibat dan resikonya, berikut ini beberapa hal kita anggap biasa padahal menabung ajal secara perlahan:

Terlalu banyak minum air dingin.

Banyak dari kita yang kalau kehausan lebih  memilih meminum air dingin ataupun air es, padahal meminum air dingin akan mempersulit tubuh untuk menghancurkan lemak dalam tubuh dan didalam pencernaan, memperlambat aliran darah sehingga ritme detak jantungpun terganggu, sakittenggorokan dan amandel, dan masih banyak lagi. sementara air hangat membantu kita untuk mengeluarkan racun dari tubuh, memperlancar pencernaan, menjaga berat badan lebih ideal, dan masih banyak lagi. jadi kalau bisa kita mengurangi porsi minum air dingin yang kita minum, cukup minum sesekali saja, jangan teralu sering.

 

Duduk terlalu lama.

Duduk terlalu lama membuat otot dan sendi lebih lemah, memperlambat metabolisme, menyempitkan pembuluh darah, bahkan ada beberapa kasus seperti yang terjadi ditaiwan seorang gamer meninggal karena duduk terlalu lama( 73 jam! ) yang akhirnya mebuat pembuluh darahnya menggumpal(disebut DVT atau deep vein thrombisis), dan mengakibatkan Emboli paru (penyumbatn paru-paru). Terutama jika anda gamer ataupun overworker ataupun selain ini maka jauhi kebiasaan ini, berdirilah sesekali setiap satu jam untuk melonggarkarkan pembuluh darah dan melancarkan pernafasan.

 

Terlalu lama menatap layar Hp, Tv ataupun Komputer.

Ini yang kita sudah sering dengar tapi mungkin kurang kita perhatikan, padahal banyak hal negatif yang akan kita dapat jika terlalu lama menatap layar Hp ataupun yang lainnya seperti mata kering, otot mata menjadi tegang, bahkan pengelihatan menjadi buram. Maka dari itu mulai sekarang kurangilah frekuensi menatap layar secara berlebihan, beristirahatlah sejenak setiap setengah jam atau empat puluh lima menit untuk mengistirahatkan mata, kurangi kecerahan layar terutama diruangan yang gelap dan gunakanlah filer anti-blue light untuk mengurangi kerusakan mata.

 

Tidur dengan lampu yang terang.

Mungkin selama ini kita sering tidur dengan lampu terang, apalagi yang takut terhadap gelap, padahal tidur dengan lampu dinyalakan lebih berbahaya bagi kesehatan, karena tidur dengan lampu terang akan menggagu metabolisme tubuh dan mengurangi produksi hormon melatonin, kekurangan hormon ini akan mengakibatkan banyakhal seperti obesitas, insomnia, depresi, diabetes,dan tekanan darah yang tinggi. Jadi yang belum terbiasa tidur gelap, belajarlah untuk berani.

 

Terlalu banyak pikiran dan sering berprasangka negatif

dua hal ini juga sering membuat kita lebih mudah terserang penyakit, karena tubuh menjadi lebih sulit untuk istirahat dan menurunkan kualitas tidur kita. Kedua hal ini juga bisa menimbulkan stress yang menyebabkan mucul penyakit lain seperti sakit kepala, maag, tekanan darah tinggi, dan banyak lagi. jadi kurangilah beban pikiran kalian dan perbanyaklah berpikir positif, perbanyak berdoa dan perbanyaklah berprasangka baik, karena prasangka baik walaupun tidak terjadi tetap lah berpahala dan tidak menjadi beban ke pikiran, sementara prasangka negatif walaupun benar, akan membebani pikiran dan menggangu kesehatan (serta menambah dosa).

 

Nah, mulai sekarang ayo kita kurangi kebiasaan buruk ini, untuk kesehatan yang tidak ternilai harganya, semua hal ini sama sekali tidak memerlukan biaya mahal (bahkan ada yang gratis), jadi ayo kita mulai dari sekarang walaupun secara perlahan.

 

Penulis Hikmatiar Dzakir,

Penulis berasal Bontang ini adalah Santri Darullughah Wadda’wah, yang mendedikasikan dirinya untuk edukasi pembelajaran bahasa arab dan inggris, dan dunia tulis menulis.

 

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *