Belajar bahasa Inggris, Mulai dari mana?

  • Whatsapp

Selalu menjadi pertanyaan di benak, Belajar bahasa Inggris, Mulai dari mana?

Sudah menjadi umum dikalangan masyarakat, baik itu kalangan pelajar maupun masyarakat awam, bahwa bahasa inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan didunia, baik itu dalam artikel atau literatur ilmiyah, pendidikan dan edukasi berbasis internasional maupun perfilman dan permusikan kelas dunia.

Bukan Cuma itu, hanya dengan bermodalkan bahasa inggris, anda tidak memerlukan biaya besar untuk mempelajari sebuah keahlian dalam suatu bidang, cukup membuka forum internet ataupun youtube, anda sudah bisa mendapatkan berbagai untuk mempelajari semua keahlian yang kalian inginkan. Bahkan jika kalian adalah seorang pembisnis ,wirausahawan, ataupun pekerja lepas(freelancer), peluang bisnis yang sulit dijangkau orang lain akan mampu anda jawab sebab sudah tidak ada lagi tabir penghalang antara anda dan dunia luar.

Memang belajar bahasa inggris bukan lah suatu kewajiban, namun anda akan memiliki nilai lebih jika anda memiliki suatu nilai lebih yang tidak dimiliki orang lain, potensi andapun akan lebih besar karena bahasa inggris lebih condong ke praktek sehari hari dan hasilnya langsung terlihat didunia nyata, bukan Cuma teori diatas kertas .

Nah, setelah anda membaca semua tulisan ini, dan sudah sedikit “tergoda” dan “ngiler” untuk mempelajari bahasa ini, sekarang kita harus mulai dari mana? Apakah menabung untuk ikut kursus yang menghabiskan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah? Atau mulai tinggal diluar negeri dan mencari istri orang luar negeri biar bisa belajar dengan istri sendiri?

Boleh, anda bebas mengeluarkan uang untuk ikut kursus dimanapun yang anda mau, ataupun mencari istri orang luar dan hidup diluar negeri sambil belajar, semua itu terserah anda. Tapi tips yang saya ingin bagikan sekarang kepada kalian hanyalah cara “gratisan sambil bersabar”, yang tidak terlalu makan banyak biaya, yaitu:

Cobalah untuk familiar dan akrab dulu dulu dengan bahasa inggris.

Anda bisa melakukan ini dengan memperbanyak menonton video pendek dengan bahasa inggris, ataupun menonton film yang berbahasa inggris,walaupun dengan subtitle supaya kita merasa familiar dan “akrab” dengan bahasa yang akan kita pelajari, dan diyoutube banyak sekali video wawasan bahasa inggris yang menyediakan subtitle bahasa inggris dalam videonya, nah triknya adalah  perhatikan subtitlenya dulu lalu dengar kalimat yang mereka katakan dalam bahasa inggris.

Tumbuhkan rasa penasaran/ingin tahu untuk belajar bahasa inggris

Bisa dibilang ini salah satu faktor kunci perkembangan anda, karena rasa penasaran akan menimbulkan rasa haus akan pengetahuan, dan rasa penasaran ini akan membuat kemampuan anda salalu bertanya tanya, “apa bahas inggris dari ini dan itu?”, kalau rasa penasaran ini tidak ada maka kemampuan anda tidak akan kemana mana, karena ketiadaan niat untuk mengembangkan skill bahasanya lebih jauh.

Mulai dari benda benda yang disekitar anda, menghapal kosakata bahasa inggris

Yaitu dengan berusaha mengetahui bahasa inggris dari apapun yang ada disekitar anda, misalnya anda sedang berada dikamar, maka silahkan cari tahu apa bahasa inggris dari benda benda disekitar kamar anda dengan kamus ataupun google translate, lalu kalau sudah tau semua bahasa inggrisnya silahkan pindah ketempat lain lagi,seperti dapur kamar mandi, bahkan tempat kerja, dan lain lain. cara ini sangat mudah dan sangat kuat dalam memori anda karena walaupun anda tidak menghafalnya secara langsung, tapi dengan melihat benda tersebut, anda akan sedikit sedikit mengingat apa yang sudah hafalkan, kalaupun lupa tinggal kembali melihat kamus atau google translate.

Memperhatikan kosakata bahasa inggris pekerjaan dan Situasi sehari hari yang anda hadapi.

Setiap hari kira beraktivitas dan berinteraksi sosial dengan orang lain, baik itu disekitar kita ataupun di tempat lain, hal ini bisa kita manfaatkan untuk menambah skill berbahasa kita, yaitu dengan mengetahui bahasa inggris dari aktivitas yang kita lakukan setiap hari, mulai dari bangun tidur, mandi, makan dan lain lain. Setelah itu kita bisa mencari tahu apa bahasa inggris yang biasa digunakan untuk situasi yang biasa kita hadapi sehari hari, seperti ketika membeli, maka apa kalimat yang biasa digunakan ketika membeli, lalu ketika di restoran, ditempat kerja, ataupun disekolah.

Menghafal dan mengulang vocabularies dan phrases bahasa inggris yang penting.

Nah jika anda merasa hafalan anda kurang kuat, anda bisa melakukan hal ini untuk membantu menjaga vocabs dan phrases yang anda sudah ketahui, dan yang terbaik adalah mengahafal apa yang anda sudah catat ataupun tandai sendiri, supaya waktu menghafal anda lebih efisien dan anda lebih tau apa yang anda butuhkan.

Perbanyak ngomong dan mendengar bahasa inggris

Inilah kunci untuk menjaga kemampuan berbahasa anda, dengan anda sering sering ngomong ataupun mendengar bahasa inggris, kemampuan berbahasa anda akan terjaga, bahkan bertambah jika rasa penasaran anda tinggi, kalau tidak ada teman untuk ngobrol, ya ngomong sendiri, tidak masalah, terkadang seseorang ada keluhan hati, atau ada suatu ide ataupun pikiran yang terbesit, anda bisa menggunakan bahasa inggris untuk mendengarnya.

Rekam dan dengarkan, hingga bahasa inggris kita terbiasa

Untuk yang satu ini anggap saja bonus, mungkin anda ingin tau seberapa jauh skill bahasa anda berkembang, anda bisa mencoba untuk berbicara bahasa inggris secara random, rekam, lalu dengarkan kembali. Semakin mirip gaya bahasa dan pronouncation dengan bahasa inggris, maka semakin baik kemampuan bahasa anda.

Nah inilah cara “gratis dan bersabar” untuk anda yang ingin belajar bahasa bahasa inggris tapi low budget ataupun terlalu sibuk dengan pekerjaan, intinya bersabar dan selalu ingin tau.

 

Ditulis oleh Hikmatiar Dzakir

Pengajar Bahasa Inggris Pon Pes Darullughah Wadda’wah

Dalwa

 

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *