Teks Khutbah Jumat Singkat Fadhilah dan Keutamaan Berkurban

  • Whatsapp
Teks Khutbah Jumat Singkat, keutamaan dan fadhilah berkurban
Teks Khutbah Jumat Singkat, keutamaan dan fadhilah berkurban

Teks Khutbah Jumat Singkat Fadhilah dan Keutamaan Berkurban

bagi yang ingin teks khutbah singkat versi PDF

silahkan ambil di sini

Teks Khutbah jumat, Fadhilah dan Keutamaan berkurban

Di atas mimbar yang mulia ini, al faqier selaku khotib, berwasiat kepada diri Al Faqier Pribadi khususnya dan Kepada Hadirin Umumnya marilah kita meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt dengan sebenar benarnya taqwa,hingga kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang lebih utama dan mana yang tidak, mana yang harus kita lakukan dan apa yang harus kita abaikan dan tinggalkan.

وَاتَّقُوا اللهَ وَيُعَلِّمُكُمُ اللهُ وَاللهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Dan bertakwalah kepada Allah, maka Allah akan mengajarkan kalian, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. “(Qs. al-Baqarah ayat: 282).

Tidak kerasa lagi kita akan memasuki bulan dzul hijjah, yaitu bulan yang sangat mulia, pada bulan tersebut kaum muslimin merayakan hari raya idul adha atau disebut dengan hari raya berkurban, karena pada hari itu, kita sebagai muslim disunnahkan untuk berkurban.

Berkurban adalah ibadah yang dilakukan sejak zaman dulu, sejak zaman Nabi Ibrahim As, bahkan sebelumnya, karena Ibadah Qurban adalah Ibadah yang mempresentasikan nilai rasa syukur dan nilai social yang tinggi, kita mengorbankan harta kita dan kemudian membagikannya kepada faqier miskin dan fuqora yang mungkin mereka tidak bisa menikmati makanan mewah berupa daging kecuali setahun sekali.

Diantara Fadhilah dan keutamaan berkurban adalah ibadah kurban sangat dicintai Allah

عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ اَحَبَّ اِلَى اللهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمٍ اِنَّهَا لَتَأْتِيْ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ بِقُرُوْنِهَا وأَشْعَارِهَا وَاَظْلاَفِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللهِ قَبْلَ اَنْ يَقَعَ مِنَ اْلاَرْضِ فَطِيْبُوْا بِهَا نَفْسًا

Dari Aisyah Rodhiyallah Anhaa, sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak beramal anak Adam pada hari Nahr (‘Idul Adha) yang paling disukai Allah selain daripada mengalirkan darah (menyembelih qurban). Kurban itu akan datang kepada orang-orang yang melakukannya pada hari kiamat dengan tanduk, rambut dan kukunya. Darah kurban itu lebih dahulu jatuh ke Allah sebelum jatuh ke atas tanah. Oleh sebab itu, berkurbanlah dengan senang hati.”

Di antara Fadhilah dan keutamaan berkurban juga adalah kelak hewan kurban tersebut menjadi kendaraan di Akhirat

وَذَكَرَ الرَّافِعِيُّ وَابْنُ الرِّفْعَةِ حَدِيْثَ عَظِّمُوْا ضَحَايَاكُم فَإِنَّهَا عَلَى الصِّرَاطِ مَطَايَاكُمْ وَهُوَ فِيْ مُسْنَدِ الْفِرْدَوْسِ لِأَبِيْ مَنْصُوْرٍ الدَّيْلَمِيِّ لَكِنْ بِلَفْظِ اِسْتَفْرِهُوْا بَدَلَ عَظِّمُوْا

Imam Rafi’i dan Imam Ibnurrif’ah menuturkan hadits:‘azhzhimuu dhahaayakum fa innahaa ‘alashshiraathi mathaayaakukum (Besarkanlah hewan-hewan kurban kalian, karena sesungguhnya hewan itu akan menjadi tumpangan kalian di shirath (jembatan).

 

Dan juga keutamaan dan fadhilah berkurban adalah di setiap helai rambutnya dan tetesan darahnya akan menjadi pahala yang artinya begitu banyaknya pahala bagi seseorang yang mengorbankan hartanya untuk melaksanakan ibadah kurban

 

Sering kali terlewatkan bagi kita, sering kali terawabaikan bagi kita, entah kita yang menunda atau memang kita tidak mengusahakan untuk melaksanakan ibadah qurban, padahal harga gadget HP kita hampir sebanding dengan seekor kambing, harga motor / sepedamotor pun jauh lebih mahal daripada seekor kambing, yang artinya jika seseorang ingin niat dan mengusahakan, maka ibadah kurban pasti bisa dilaksanakan, jika seseorang memang benar benar ingin mendapatkan ridho Allah dalam moment yang hanya terulang setahun sekali, maka ia pasti menyisihkan hartanya untuk ibadah kurban

Untuk fadhilah dan keutamaannya tentunya kita sudah membahasnya, kembali pada ingin atau tidaknya seseorang melaksanakan kurban, kembali kepada individu masing masing, harta yang diinfaqkkan di Jalan Allah, tentu akan memberikan keberkahan kepada harta yang di miliki.

Semoga Allah berikan kita taufiq dan hidayah untuk selalu bisa melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya, semoga Allah berikan kita inayahnya untuk bisa berkurban dan semata mengharap Ridha Allah swt. Amiinn yaa robbal alamin.

 

—————–

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

https://hilyah.id/download-khutbah-jumat-singkat-pdf/

Khutbah Jumat ini terinspirasi dari kitab Nashoih Diniyah

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan  diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Saya kumpulkan teks khutbah ini juga secara khusus pada web

http://www.khutbahjumat.my.id

atau telegram https://t.me/khutbahjumatpdf

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *