Teks Khutbah Jumat Singkat, Anugerah Terbesar

  • Whatsapp
Teks Khutbah Jumat Singkat, Anugerah Terbesar
Teks Khutbah Jumat Singkat, Anugerah Terbesar

Teks Khutbah Jumat Singkat, Anugerah Terbesar

bagi yang ingin download teks khutbah jumat

silahkan diambil

Contoh Teks Khutbah jumat Singkat, Anugerah terbesar adalah Ilmu

Al Faqier selaku khotib, berwasiat kepada diri al faqier pribadi khususnya dan kepada hadirin umumnya, marilah kita meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt, dengan sebenar benarnya taqwa, Allah swt berfirman :

وَاتَّقُوا اللهَ وَيُعَلِّمُكُمُ اللهُ وَاللهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

البقرة: 282

Bertakwalah kalian kepada Allah dan Allah akan mengajarkan kalian / memberikan ilmu, Sesungguhnya Allah maha mengetahui.

Dan ilmu merupakan penentuan utama sah tidaknya sebuah ibadah, dengan ilmu pula seseorang bisa mengerti bagaimana seharusnya mencari rezeki yang halal dan berkah.

Oleh karena itu Imam Syafi’I berucap :

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ ، وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

Barangsiapa yang ingin dunia maka diharuskan baginya dengan ilmu, barangsiapa yang menginginkan Akherat maka diharuskan baginya pula dengan ilmu.

Maka ilmu merupakan bagian peran penting dalam kehidupan kita, baik prihal duniawi hingga ukhrowi, ilmu sangat menentukan hasilnya, bahkan dengan ilmu bisa menjadikan pekerjaan duniawi menjadi Pahala jika pekerjaannya tersebut menjadi ibadah, menafkahi keluarga dan menyisihkan rezeki untuk shodaqoh dan lain lainya, dengan ilmu pula bisa menjadikan pekerjaan yang sedikit bahkan remeh dipandang mata menjadi pahala yang sangat besar, hingga para ulama mengatakan

كَمْ مِنْ قَلِيْلٍ كَثَّرَتْهُ النِيَّة

Berapa banyak dari hal yang sedikit / pekerjaan yang sedikit,  diperbanyak (pahala dan ganjarannya) dengan niat.

Saking pentingnya ilmu, ketiadaan ilmu bisa menghancurkan dan merobohkan pahala ibadah seseorang yang dengan jerih payah ia kerjakan.

Diceritakan ada seseorang yang berucap “Tolong ambilkan karpet yang saya beli ketika haji yang kedua”, maka salah satu ulama setempat berucap “Sungguh kasian sekali, dua hajinya sia sia karena ucapannya”, karena ia berucap tanpa didasari ilmu menjaga hati, ilmu untuk menjauhi dari sifat Ujub dan Sum’ah, hingga ucapannya yang tidak berlandaskan ilmu dan dengan sifat Ujub yang masih melekat kental, maka sia sialah ibadah Hajinya.

Dengan ilmu pula, dengan dekatnya moment moment berkurban di hari raya idul adha seperti saat ini, seseorang bisa mempersiapkan dirinya, menyisihkan hartanya, untuk berkurban, karena ia mengetahui besarnya pahala berkurban, karena ia mengetahui dan meyakini, ada keberkahan dalam berkurban, karena ia menyadari, semakin ia mengeluarkan Harta bendanya di Jalan Allah, Allah pasti menggantikannya berkali kali lipat, hingga ia pun dengan tenang, dengan bahagia mengerahkan hartanya untuk berkurban, hal demikan terjadi karena ilmu yang terpatri di hatinya

 

Maka tidak dapat dipungkiri, Ilmu Merupakan Anugerah terbesar yang Allah berikan kepada kita, patut kita syukuri dan untuk mendapatkan ilmu patut kita perjuangkan untuk bekal kita dan anak anak kita.

Oleh karena itu, bersungguh sungguhlah dalam mencari ilmu, niatkanlah yang tulus dalam mencari ilmu, dekatilah orang orang alim, hadirilah majlis majlis ilmu, dengan niat mengharap Ridho Allah swt.

Semoga Allah berikan kita taufiq, hidayah dan inayahnya untuk selalu belajar dan menuntut ilmu, agar segala ibadah kita diterima Allah swt, dan segala gerak gerik dunyawi kita di Mata Manusia, bisa menjadi ibadah yang sangat mulia di Hadapan Allah swt.

 

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

https://hilyah.id/download-khutbah-jumat-singkat-pdf/

Khutbah Jumat ini terinspirasi dari Ceramah Habib Segaf Baharun

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan  diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Saya kumpulkan teks khutbah ini juga secara khusus pada web

http://www.khutbahjumat.my.id

atau telegram https://t.me/khutbahjumatpdf

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

 

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *