Khutbah Jumat Singkat Keutamaan infaq, Shodaqoh dan Berderma

  • Whatsapp
Khutbah Jumat Singkat, Naskah Khutbah Jumat Singkat, Keutamaan Shidaqoh, infaq berdermaTeks Khutbah Jumat Singkat PDF
Khutbah Jumat Singkat, Naskah Khutbah Jumat Singkat, Keutamaan Shidaqoh, infaq berdermaTeks Khutbah Jumat Singkat PDF

Khutbah Jumat Singkat Kutamaan infaq, Shodaqoh dan Berderma

bagi yang ingin teks khutbah ini dalam versi PDF

silahkan ambil di sini

Khutbah Jumat Singkat Shodaqoh, infaq dan berderma

Al Faqier di atas mimbar yang mulia ini mewasiatkan kepada diri Al Faqier pribadi dan kepada hadirin umumnya, untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaaan kita kepada Allah swt dengan sebenar benarnya taqwa.

Pada zaman sekarang ini, semakin seiring waktu umur kita bertambah, kesadaran kita untuk bersedeqah, berinfaq, berderma akan semakin sulit, karena godaan ragam kebutuhan, terkadang godaan pendamping hidup, godaan anak, dan godaan betapa sulitnya mencari uang pada zaman ini, godaan godaan tersebut membuat tiap tangan menggenggam erat tidak mau dan berat hati untuk melepaskan hartanya untuk shodaqoh, berinfaq dan berderma. Padahal Allah swt berkata :

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِيْن

Dan apa yang kalian infaqkan dari sesuatu maka Allah akan menggantikannya dan Allah adalah sebaik baiknya rezeki.

Yang artinya setiap kita bersedeqah maka Allah akan menggantikan nilainya satu banding satu, dan Allah sebaik baiknya Rezeki, yang Artinya Allah pasti akan mengganti tiap harta yang kita dermakan dengan nilai yang bahkan lebih berharga di dunia, dan pahala yang luar biasa di akherat, jika kita perhitungan dengan hitungan matematika, pada Ayat lain Allah swt berfirman :

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Yang Artinya :  Perumpamaan (harta) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Ayat tersebut menjelaskan betapa Allah pasti memberikan ganjaran pahala bagi mereka mendermakan harta mereka di jalan Allah, harta tersebut akan berkembang dan berkah dari tujuh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat dan hingga pada Jumlah yang hanya Allah yang mengetahuinya, Rasulullah saw bersabda

مَا نَقَصَ مَالٌ مِنْ صَدَقَةٍ بَلْ يَزْدَاد بَلْ يَزْدَاد

Tidaklah berkurang harta dari shodaqoh, bahkan bertambah, bahkan bertambah

Hingga ada istilah ungkapan

أَخْرِجْ مَا فِي الجَيْب يَأْتِيْكَ مَا فِي الغَيْب

Keluarkan apa yang di kantong sakumu maka secara ghaib tak terduga Allah pasti akan datangkan rezeki dari arah yang tidak kita sangka.

Fadhilah Fadhilah keutamaan Shodaqoh, Infaq, dan Menderma sudah kita dengar dan banyak kita bahas, sekarang kita membahas bagaimana cara agar kita bisa terbiasa bershodaqoh dan menderma.

Berat berinfaq karena kita belum terbiasa dan tidak pernah menentukan berapa persen uang kita untuk kita donasikan dari setiap harta kita, maka mulailah dari pembiasaan yang kita mulai, kita mulai dengan berdonasi, mulai dari langkah kecil 10.000 hingga kemudian 20.000 jika beberapa bulan langkah kita semakin kuat maka mulai berdonasi 50.000 hingga kemudian memaksakan diri untuk menyumbang 100.000 jika sudah terbiasa dengan nominal tersebut maka dilanjutkan dengan 500.000 kemudian memaksakan diri menyumbang satu juta, tentunya langkah langkah ini disesuaikan dengan keadaan masing masing individu kita, dan pasti dengan yakin Allah memberikan keberkahan dalam harta kita berkat harta yang kita keluarkan di Jalan Allah.

Perlu juga kita ingat, ada istilah kerja keras dan kerja cerdas, maka dalam ibadah pun demikian, secara analogi ada ibadah dengan keras ada ibadah dengan cerdas, jika kita beribadah dengan cerdas, maka kita akan menyumbangkan harta kita ke masjid, madrasah, Pesantren yang pasti menjadi tempat sholat dan belajar halayak ramai, apalagi madrasah dan pesantren tersebut sangat ramai, maka sampai akhir hayat pun harta yang dikerahkan pada masjid, madrasah dan pesantren akan selalu menjadi pahala jariah, yaitu pahala yang mengalir, belum terhitung berapa jumlah santri yang belajar dan madrasah tersebut mendapatkan ilmu, bisa sholat, mengaji, hingga kemudian santri tersebut mengajar, maka akan menjadi limpahan pahala jariah yang selalu mengalir tanpa henti hingga hari kiamat. Semoga Allah berikan kita taufiq dan hidayah untuk menjadi ahli shodaqoh dan cerdas dalam beribadah aminn.

 

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

https://hilyah.id/download-khutbah-jumat-sing

Khutbah Jumat Singkat, Naskah Khutbah Jumat Singkat, Keutamaan Shidaqoh, infaq berdermaTeks Khutbah Jumat Singkat PDF
Khutbah Jumat Singkat, Naskah Khutbah Jumat Singkat, Keutamaan Shidaqoh, infaq berdermaTeks Khutbah Jumat Singkat PDF

kat-pdf/

Khutbah Jumat ini terinspirasi dari kitab Nashoih Diniyah

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan  diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Saya kumpulkan teks khutbah ini juga secara khusus pada web

http://www.khutbahjumat.my.id

atau telegram https://t.me/khutbahjumatpdf

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

 

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *