Khutbah Jumat Singkat, Filosofi Kebaikan di Bulan Robiul Awwal

  • Whatsapp
Filosofi Kebaikan di Bulan Robiul Awwal
Filosofi Kebaikan di Bulan Robiul Awwal

di penghujung bulan, Filosofi Kebaikan di Bulan Robiul Awwal akan kita bahas Pada Khutbah Jumat Robiul Awwal kali ini

bagi yamg ingin teks khutbah silahkan ambil di sini

Khutbah Jumat Singkat, Filosofi Kebaikan di Bulan Robiul Awwal, teks khutbah

Al faqier selaku khotib, mewasiatkan kepada diri al faqier khususnya dan kepada hadirin umumnya, marilah kita meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt

وَاتَّقُوا اللهَ وَيُعَلِّمُكُمُ اللهُ  وَاللهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْم

Artinya: “Dan bertakwalah kepada Allah, maka Allah akan mengajarkanmu, dan Allah maha mengetahui segala sesuatu “(Qs. al-Baqarah ayat: 282).

 

Di penghujung bulan robiul awwal ini, kita telah melewati moment moment istimewa sebagai pembuktian kita dan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Moment moment istimewa tersebut dirayakan dan dikemas dalam sebuah event atau festival hingga pembacaan Siroh Biografi Nabi Muhammad saw yang disebut dengan maulid.

Dalam event, festival dan pembacaan maulid tersebut marilah kita merenung sejenak, nilai nilai kebaikan yang patut kita syukuri dan perlu kita jaga hingga kebaikan tersebut menyebar luas dan akan diterapkan oleh anak cucu kita sebagai amal jariah kita kelak.

Di Bulan Robiul Awwal ini, kita menyaksikan banyaknya yang mengadakan Maulid, apa saja hikmah yang terdapat dari pembacaan maulid.

 

  1. Pembacaan Siroh Nabi Muhammad saw

Maka membaca maulid sama halnya dengan membaca sebuah karya tulis yang indah membahas tentang kehidupan dan karakteristik mula Nabi Muhammad saw.

  1. Membaca Sholawat

Di sela sela pembacaan maulid tentunya kita mendengarkan sholawat yang terus diulang ulang, dan di setiap sholawat Allah akan memberikan 10 kebaikan.

  1. Nuansa Rohaniyah Kerinduan Nabi Muhammad saw

Tidak dapat dipungkiri lagi, ketika kita mendengarkan biografi Nabi Muhammad saw, dan mendengarkan qoshidah dan nasyid yang indah, hati terenyuh ingin sekali bertemu Nabi Muhammad saw, tidak jarang, air mata menetes mengalir karena kerinduan dan kecintaan

  1. Shodaqoh

Nilai nilai shodaqoh juga terselipkan dalam setiap acara Maulid Nabi Muhammad saw, memberikan makan dan jamuan yang pahalanya adalah pahala memberi, yang pastinya setiap pahala shodaqoh / pemberian, Allah pasti lipat gandakan rezekinya, maka tidak jarang, di bulan robiul awwal ini, rezeki seseorang semakin berkah dan melimpah, karena ia memuliakan Nabi Muhammad saw dan mendapatkan nilai pahala shodaqoh

  1. Ikrom Dhoif, Memuliakan Tamu.

Nilai nilai kebaikan Ikrom Dhoif juga tersuratkan dalam setiap event, festival acara Maulid Nabi Muhammad saw, Nabi Muhammad saw menjelaskan jika seorang tamu berkunjung, maka dosa dosa kita berguguran ketika tamu tersebut pulang,

Perkara ini telah dikisahkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda :

الضَّيْفُ يَنْزِلُ بِرِزِقِه، وَيَرْتَحِلُ بِذُنُوْبِ أِهْلِ البَيْتِ

Rasulullah SAW bersabda, “Tamu akan datang dengan membawa rezekinya dan pergi dengan dosa dosa tuan rumah”

Maka sebuah kemuliaan rumah yang dikunjungi tamu, dengan adanya karunia rezeki dan pelebur dosa dosa.

  1. Silaturahmi

Hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita, karena kita adalah makhluk social, maka dalam kehidupan social kita, kita tidak bisa lepas dari yang namanya bersilaturahmi, dalam acara maulid, kita berkumpul bersama, berbahagia bersama, saling bertegur sapa, menghilangkan semua perasaan buruk dan rasa ego kita, bergotong royong mensukeskan ragam acara, maka dengan silaturahmi Allah berikan kita keberkahan umur dan keberkahan rezeki.

  1. Mengajarkan Cinta Nabi Muhammad saw kepada anak anak

Kita selalu menyaksikan dalam acara Maulid beberapa anak kecil hadir, memperhatikan kegiatan kita, kendati pun mereka tidak mengerti saat ini, namun niat kita untuk mendidik dan mengajarkan bagaimana cinta kepada Nabi Muhammad saw, akan membekas di pikiran mereka, dan mereka akan mengingat kenangan kenangan diajak orangtua mereka dalam sebuah perayaan perayaan Maulid Nabi Muhammad saw.

Dan banyak hal lainnya yang tersuratkan sebagai hikmah hikmah kebaikan yang terjadi di Bulan Robiul Awwal ini khususnya dan setiap acara Maulid Nabi Muhammad saw pada umumnya, jika kita merenungi kebaikan kebaikan tersebut, maka sungguh naïf, sungguh tertutup mata hatinya jika mengatakan Maulid itu Bid’ah, karena di setiap Maulid ada rangkaian rangkaian kebaikan sebagai bukti cinta kita kepada Nabi Muhammad saw.

Di penghujung bulan robiul awwal ini, semoga Allah berikan kita taufiq hidayahnya untuk selalu memperbanyak sholawat, memperbanyak kebaikan, sebagai bukti kecintaan kita kepada Nabi Muhammad saw, memperbanyak shodaqoh terutama untuk lembaga lembaga Islam sebagai amal jariah kita kelak, dan sebagai bentuk sumbangsi dan kepedulian kita dengan Dakwah Nabi Muhammad saw.

Semoga kita mendapatkan anugerah bermimpi dan bertemu Nabi Muhammad saw

 

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

Teks Khutbah Jumat Singkat

Khutbah Jumat ini terinspirasi dari renungan setiap acara maulid Nabi Muhammad saw

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan  diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Saya kumpulkan teks khutbah ini juga secara khusus pada web silahkan kunjungi

Khutbah Jumat

atau telegram https://t.me/khutbahjumatpdf

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

 

Jangan Lupa Share klik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.