Contoh Khutbah Jumat Singkat, Hikmah di Balik Musibah

  • Whatsapp
Contoh Khutbah Jumat Singkat, Hikmah di balik setiap Musibah
Contoh Khutbah Jumat Singkat, Hikmah di balik setiap Musibah
Contoh Khutbah Jumat Singkat, Hikmah di balik setiap Musibah
Contoh Khutbah Jumat Singkat, Hikmah di balik setiap Musibah

Menyentuh hati, ini adalah Hikmah di balik musibah, teks khutbah Jumat Singkat yang menyentuh hati ini terinspirasi dari Kitab Dalil Sa’ilin, yang insya Allah kita akan menerjemahkannya sebagai panduan dan pegangan para dai’

 

bagi yang ingin teks khutbah berikut silahkan ambil di sini

Khutbah Jumat Singkat, Hikmah di setiap Musibah

 

Marilah kita bersungguh sungguh meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan sebenar benarnya taqwa, karena dengan meningkatkan ketaqwaan kita, Allah akan memudahkan segala perkara urusan kita.

وَمَنْ يَتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا * وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى االلهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا {الطلاق:2-3}.
Artinya: “Dan barangisapa yang bertaqwa kepada Allah maka Allah berikan untuknya Jalan Keluar, dan memberikannya rezeki yang tidak disangka sangka, dan barang siapa bertawakkal kepada Allah maka cukuplah baginya sesungguhnya Allah menyampaikan segala urusannya, dan Allah telah memberikan ketetapan pada setiap sesuatu “(Qs. At Thalaq 2-3).
Ayat tersebuh sudah sangat jelas dan lugas, bahwa Allah pasti, pasti, dan janji Allah pasti Allah tepati, Allah pasti memberikan kemudahan kepada mereka yang bertaqwa kepada Allah swt, dan memberikan rezeki yang tidak disangka sangka, kemudian bagi yang bertawakkal pasti Allah akan memudahkan segala perkara urusannya.

Perlu kita ketahui musibah, atau ujian atau dengan kata lain disebut dengan cobaan, ada dua perkara, ada musibah berupa Nikmat maka untuk menghadapi ujian musibah tersebut adalah dengan rasa syukur, ada pula musibah berupa Niqmat atau Bala Cobaan, maka untuk menghadapi musibah ini harus dengan sabar, maka di setiap musibah yang kita dapati pastilah ada hikmat tersurat dibaliknya, yang artinya hidup kita tidak akan lepas dari dua hal yaitu Syukur dan Sabar.

عن عائشة رضي الله عنهاقالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : مَا مِنْ مُصِيْبَةٍ تُصِيْبُ المُسْلِم إِلَّا كَفَّرَ اللهُ عَنْهُ بِهَا، حَتَّى الشَّوْكَة يُشَاكُهَا (متفق عليه)
Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah Ra, Nabi Muhammad saw bersabda : Tidaklah sebuah musibah terjadi kepada seorang mukmin kecuali Allah berikan kaffaroh (pengampunan dosa) karena musibah tersebut, bahkan duri yang mengenainya.
عن صهيب الرومي رضي الله عنه : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : عَجَبًا لِأَمْرِ المُؤْمِن إِنَّ الأَمْرَ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ لِأَحَدٍ إِلَّا المُؤْمِنِيْنَ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاء شَكَر فَكَانَ خَيْرًا لَهً، وَإِنْ أَصَابَهُ ضَرَّاء صَبَر فَكاَنَ خَيْرًا لَهُ (رواه المسلم)
Dari Shuhaib Arrumi Ra, Rasulullah saw bersabda : sungguh heran perkara orang mukmin, sesungguhnya semua perkaranya adalah kebaikan, jika mendapatkan kebahagiaan ia bersyukur maka merupakan kebaikan untuknya, jika menimpanya keburukan maka ia bersabar maka merupakan kebaikan untuknya.
Maka sungguh beruntung kita menjadi ummat Muslim, sungguh sangat beruntung kita menjadi ummat Nabi Muhammad saw, segala hal yang kita lakukan adalah kebaikan, segala hal dalam kehidupan kita tempuh dengan sabar dan syukur, hingga setiap Langkah yang kita jalani adalah lading pahala untuk kita semua.
Maka dengan keberkahan pada bulan maulid ini, dengan berkah kebahagian dan rasa syukur kita menjadi Ummat Nabi Muhammad saw, dengan rasa suka cita kita merayakan ragam festival, acara hingga membaca sejarah Nabi Muhammad saw dan melantunkan Nasyid indah yang semua itu terangkum dalam Acara Maulid Nabi, semoga dengan berkah itu semua kita menjadi orang yang bersyukur di setiap keadaan kita dan Allah mudahkan seluruh urusan kita.

tuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

Teks Khutbah Jumat Singkat

Khutbah Jumat ini terinspirasi dari Kitab DalilusSa’ilin yang insya Allah kita akan terjemahkan sebagai pedoman dan pegangan para Da’i

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan  diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Saya kumpulkan teks khutbah ini juga secara khusus pada web silahkan kunjungi

Khutbah Jumat

atau telegram https://t.me/khutbahjumatpdf

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

Jangan Lupa Share klik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.