Khutbah Jumat Singkat, Bulan diangkatnya amal, Bulan Sya’ban

  • Whatsapp
Khutbah Jumat Singkat PDF Bulan Syaban Khutbah Bulan Syaban bulan diangkatnya amal
Khutbah Jumat Singkat PDF Bulan Syaban Khutbah Bulan Syaban bulan diangkatnya amal

Khutbah Jumat Singkat, Bulan diangkatnya amal, Bulan Sya’ban

bagi yang ingin teks khutbah jumat pdf dengan tema tersebut

silahkan ambil di sini

34 Khutbah Jumat Bulan Syaban, Bulan Diangkatnya Amal

 

Bulan Sya’ban Bulan Nabi Muhammad

 

الحَمْدَ لِلّٰهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُه، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَه، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إله إِلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أّنَّ سَيِدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه، اللهم صَلِّ عَلَى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا مَعَاشِرَ المُسْلِميْنَ، اتَّقُو اللهَ “اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ”

 

Kaum muslimin jamaah jumat yang dirahmati Allah ..

Selaku khatib ..  merupakan sebuah kewajiban bagi saya untuk mengingatkan para hadirin terlebih lagi buat diri saya sendiri untuk selalu  bertaqwa kepada Allah, dan menjaga ketaqwaan kita kepada allah swt dan agar terus kita pupuk nilai-nilai ketaqwaan itu di hati kita supaya kita menjadi hamba-hamba Allah swt yang bisa diberi anugerah kenikmatan iman .

Kaum muslimin jamaah jumat yang dirahmati Allah ..

 

Bulan sya’ban adalah salah satu bulan yang memiliki keutamaan yang tak kalah mulia dengan bulan-bulan haram , disebutkan dalam sebuah hadits bagaimana baginda Rasulullah saw begitu menaruh perhatian yang sangat besar terhadap bulan ini,  di antaranya adalah dengan memperbanyak berpuasa .

عن أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنْ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ قَالَ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ (رواه النسائي)

Usamah bin Zaid berkata, ‘Wahai Rasulullah aku tidak pernah melihat engkau berpuasa sebagaimana engkau berpuasa pada bulan Sya’ban. Nabi membalas, “Bulan Sya’ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadhan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR Nasa’i)

Terlihat dalam hadits ini bagaimana perhatian nabi kita muhammad saw terhadap bulan sya’ban dan ilmu yang dibukakan oleh Allah swt terhadap mata batin beliau bahwa banyak dari umatnya yang akan melalaikan bulan ini , begitu pula beliau memberitahukan bahwa di bulan ini Allah swt akan mengangkat amal ibadah yang selama ini telah kita lakukan. Maka dari itu mari kita bersama sebisa mungkin agar jangan sampai bulan ini kita lewatkan kelebihannya , siapa di antara kita yang bisa memperbanyak puasa maka berpuasalah namun yang tidak mampu maka paling tidak jangan sampai kita biarkan kelalaian mendominasi keseharian kita.

Kaum muslimin jamaah jumat yang dirahmati Allah ..

Di antara momen penting yang ada di bulan yang mulia ini adalah peristiwa perpindahan kiblat dari baitul maqdis ke masjidil haram , dalam alquran allah swt menceritakan

قَدْ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى ٱلسَّمَآءِ ۖ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَىٰهَا ۚ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنتُمْ فَوَلُّوا۟ وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُۥ ۗ

Artinya : Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. ( Al Baqarah 2:144 )

Perpindahan kiblat ini merupakan wujud pengabulan doa dari allah swt kepada nabi muhammad saw yang hal itu disebutkan dalam surat yang lain

وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰٓ

Artinya : Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas. (Adh Dhuha 93:5)

Para mufassir dan para sejarawan menjelaskan bahwa ayat ini adalah salah satu pelipur lara rasulullah saw dikala beliau khawatir akan keadaan umatnya sepeninggal beliau dan keinginan beliau untuk menghadap kiblat kakek moyangnya yaitu nabi ibrahim as.

Dengan perpindahan kiblat ini telah memberikan energi tersendiri kepada kaum muslimin yang bisa menambah kepercayaan diri terhadap agamanya, hal itu dikarenakan cibiran ahlul kitab yahudi dan kaum musyrikin  yang mengatakan bahwa muhammad mengaku mengikuti ajaran ibrahim namun berpaling dari baitul maqdis kiblat para nabi sebelumnya.

 

Kaum muslimin jamaah jumat yang dirahmati Allah ..

Di antara keistimewaan bulan sya’ban adalah bahwa bulan ini dikenal dengan bulan sholawat kepada rasulullah saw, hal itu dikarenakan ayat sholawat diturunkan di bulan ini yaitu firman allah swt

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya : Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.(Al Ahzab 33:56)

Oleh karena itu memperbanyak sholawat di bulan ini adalah momentum yang sangat tepat untuk meraih ridho allah swt dan kedekatan dengan baginda Rasulullah saw. Dan keutamaan bulan sya’ban dan apa saja yang ada di bulan ini amat sangat banyak namun tidak bisa untuk kita sebutkan dan terangkan semua di kesempatan yang amat singkat ini , maka barang siapa yang hendak ingin menambah ilmu tentangnya maka silahkan kembali kepada karangan para ulama yang membahas keutamaan bulan sya’ban .

Di antara keutamaan bulan sya’ban adalah malam nisfu sya’ban yaitu malam kelima belas dari bulan ini , dalam hadist disebutkan :

إِنَّ اللَّهَ لَيَطَّلِعُ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

Sungguh Allah akan muncul di malam Nisfu Sya’ban kemudian mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang meninggalkan jama’ah (murtad) (HR. Ibnu Majah no. 1380).

Maka hendaklah kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya malam nisfu sya’ban ini sebagaimana yang telah di tuntun oleh para slaf sebelumnya baik itu dengan membaca surah yasin sebanyak tiga kali dan membaca doa yang telah diajarkan oleh para ulama .

 

Kaum muslimin jamaah jumat yang dirahmati Allah ..

 

Dan pada akhirnya marilah kita berusaha sekuat tenaga untuk menghidupkan bulan ini dengan amal ibadah yang banyak baik itu puasa , shalawat dan sebagainya .. semoga dengan hal itu akan menambah kualitas iman dan islam kita , amin ya robbal alamin ..

إِنَّ أَحْسَنَ الكَلَام، كَلَامُ اللهِ المَلِكِ العَلَّام، وَاللهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالِى يَقُوْلُ وَبِقَوْلِهِ يَهْتَدِى المُهْتَدُوْنَ، وَإِذَا قُرِئَ القُرْآنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُم تُرْحَمُوْنَ

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

وَالْعَصْرِ ﴿١﴾ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿٢﴾ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ  بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُم تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْم، أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْم لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ فَاسْتَغْفِرُوْهُ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

 

 

 

 

 

Khutbah Jumat Kedua

الحَمْدُ لِلهِ حَمْدًا كَمَا أَمَر، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إله إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، إِرْغَامًا لِمَنْ جَحَدَ بِهِ وَكَفَر، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ الخَلَائِقِ وَالبَشَر، اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ مَا اتَّصَلَتْ عَيْنٌ بِالنَّظَر وَأُذُنٌ بِالخَبَر، أَمَّا بَعْدُ : فَيَا مَعَاشِرَ المُسْلِمِيْنَ

اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى وَذَرُوْا الفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَن وَحَافِظُوا عَلَى الطَّاعَةِ وَحضُوْرِ الجُمْعَةِ وَالجَمَاعَةِ، وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِه وَثَنَّى بِمَلَائِكَةِ قُدْسِهِ فَقَالَ تَعَالَى وَلَمْ يَزَلْ قَائِلًا عَلِيْمًا إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي يَأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا،اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، اللهم ارْضَ عَنِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الَّذِيْنَ قَضَوْا بِالحَقِّ وَكَانُوا بِهِ يَعْدِلُوْنَ، سَادَاتُنَا أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنْ سَائِرِ أَصْحَابِ رَسُوْلِكَ أَجْمَعِيْنَ وَعَنِ التَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن. اللهم أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالمُسْلِمِيْنَ وَأَعْلِ كَلِمَتَكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، اللهم انْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ المُسْلِمِيْنَ، اللهم أَهْلِكِ اليَهُوْدَ وَالنَّصَارَى وَالكَفَرَةَ وَالمُشْرِكِيْنَ، اللهم آمِنَّا فِي دُوْرِنَا وَأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، وَاجْعَلِ اللهم وِلَايَتَنَا فِيْمَنْ خَافَكَ وَاتَّقَاكَ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الغَلَاءَ وَالوَبَاءَ وَالرِّبَا وَالزِّنَا وَالزَّلَازِلَ وَالمِحَنَ، وَسُوْءَ الفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا الخَاصَّةِ وَعَنْ سَائِرِ بِلَادِ المُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ، اللهم اغْفِر لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ واَلأَمْوَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

مَعَاشِرَ المُسْلِمِيْنَ

إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِيْ القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالمُنْكَرِ وَالبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، فَاذْكُرُوا اللهَ العَظِيْمَ يَذْكُرْكُم، وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر.

 

 

 

Untuk berlangganan Teks Khutbah, silahkan Hubungi

Follow IG : @Hilyah_Nur

Wa : 085810008028

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

Teks Khutbah Jumat Singkat

untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan  diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar. Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

 

Saya kumpulkan teks khutbah ini juga secara khusus pada web silahkan kunjungi

Khutbah Jumat

atau telegram https://t.me/khutbahjumatpdf

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

untuk teks khutbah lainnya silahkan klik

Khutbah Jumat Singkat, Bulan diangkatnya amal, Bulan Sya’ban

Khutbah Jumat PDF Muhasabah dan Keberkahan di Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban

Khutbah Jumat Bulan rajab adalah bulan istigfar

Jangan Lupa Share klik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *