Khutbah Jumat Singkat, Akhir Ramadhan

  • Whatsapp

Khutbah Jumat Akhir Ramadhan

Bagi yang ingin Teks Khutbah Jumat Singkat

Silahkan Klik di sini

Naskah Khutbah Jumat Singkat, Khutbah Ramadhan akhir-

 

Khutbah Jumat, Khutbah Ramadhan

Di hari yang mulia ini, di atas mimbar yang mulia ini, saya selaku khotib berwasiat kepada diri saya pribadi dan kepada hadirin umumnya marilah kita meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt. Tidak terasa kita berada di penghujung ramadhan, di akhir akhir ramadhan yang sangat berharga ini marilah kita meningkatkan nilai nilai ibadah kita, marilah kita lebih gigih dan semangat untuk beribadah.

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: “كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إِذَا دَخَلَ العَشْرُ أَحْيَى اللَّيْلَ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ، وَشَدَّ المِئْزَرَ” متفقٌ عَلَيْهِ.

 

Dari Sayyidah Aisyah Ra, Beliau Berkata : Sesungguhnya Rasulullah saw jika memasuki sepuluh hari akhir ramadhan, beliau menghidupkan malam-malam tersebut, membangunkan keluarga beliau dan mengencangkan ikatan pinggang pakaian beliau.

Hadist tersebut menunjukkan bahwa betapa Rasulullah saw sangat gigih ketika berapa di akhir akhir ramadhan.

عَنِ ابْن عُمَر رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا :أَنَّ النَبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم كَانَ يَعْتَكِفُ فِي العَشْرِ الأَوَاخِر مِنْ رَمَضَان

Dari ibnu Umar Ra, Sesungguhnya Nabi Muhammad saw beri’tikaf pada sepuluh akhir di bulan Ramadhan.

Rasulullah saw, sosok yang sangat sempurna, tidak ada kesalahan dan dosa yang beliau lakukan, beliau dijaga oleh Allah swt, Ma’shum, Sosok yang pasti masuk surge, namun beliau sangat gigih dalam beribadah, sangat gigih dalam sholat dan berderma.

Bahkan di keseharian beliau, beliau selalu sholat hingga tidak jarang kaki beliau sakit.

قَالَتْ عاَئِشَة : يَا رَسُولَ اللهِ أَتَصْنَعُ هَذَا وَقَدْ غُفِرَ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّر ؟! ، فَقَالَ ـ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم ـ : يَا عَائِشَة أَفَلَا أَكُوْنَ عَبْدًا شَكُوْرًا

Sayyidah Aisyah pun bertanya kepada Rasulullah saw, Ya Rasulullah, Apakah kamu berbuat ini sedangkan Allah telah mengampunimu yang telah lampau dan yang akan datang ?

Rasulullah saw pun menjawab : Wahai Aisyah, apakah aku tidak menjadi hamba yang bersyukur ?

Jika kita tidka gigih dalam beribadah, kurang motivasi dalam beribadah,  maka ingatlah kita pada betapa gigihnya Rasulullah saw dalam beribadah, ingatlah ucapan beliau :

أَفَلَا أَكُوْنَ عَبْدًا شَكُوْرًا

Tidakkah saya menjadi hamba yang bersyukur ?,

Maka sejatinya semakin bersyukur seorang hamba, motivasi terbesar untuk beribadah akan semakin memicu semangatnya agar melakukan ragam ibadah dan kebaikan, cukuplah hadist tersebut sebagai motivasi kita untuk menyadarkan diri kita yang selalu terbuai dan menunda kebaikan. Maka di hari hari terakhir ini, di hari hari penghujung yang penuh berkah melimpah ini, marilah kita semakin gigih untuk  beribadah, kita tidak tahu, apakah umur kita akan sampai pada ramadhan kelak, rasa ketidakpastian ini akan membuat kita semakin bersyukur bisa menikmati ramadhan saat ini dan mengoptimalkan waktu kita untuk beribadah, bersedekah, mendermakan hartanya di Ramadhan yang penuh berkah ini

 

وعن ابنِ عباسٍ، رضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قالَ: “كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ في رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ في كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ، فَلَرَسُولُ اللهِ ﷺ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ أَجْوَدُ بِالخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ المُرْسَلَةِ” متفقٌ عَلَيْهِ.

Dari ibnu Abbas Ra, Rasulullah adalah paling baiknya / dermawan orang, dan beliau lebih baik / dermawan lagi pada bulan ramadhan ketika Jibril menemui beliau, dan Jibril menemui Rasulullah saw di setiap malam pada bulan Ramadhan dan mengajari beliau Al Quran, maka sungguh Rasulullah saw ketika Jibril bertemu dengan beliau, beliau adalah paling baiknya / dermawan dari pada angin yang berhembus

Semoga kita diberikan taufiq dan hidayah untuk lebih gigih dan semangat beribadah dan semoga kita selau dipertemukan pada ramadhan yang akan datang seterusnya.

 

 

Khutbah Jumat PDF

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

https://hilyah.id/download-khutbah-jumat-singkat-pdf/

 

Khutbah jumat ini terinspirasi dari Kitab Nashoih Diniyyah

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

 

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *