Terjemahan Bahasa Arab, Latihan Baca Kitab Fathul Muin (2)

Berikut ini adalah Terjemahan Bahasa Arab, Latihan Baca Kitab Fathul Muin

Read More

Fathul muin Materi ke 02 (بسمِ اللّٰهِ الرحمن الرحيمِ) ايْ أُؤَلِّفُ
Dengan menyebut Nama Allah yg maha pengasih lagi maha penyayang, Aku menyusun kitab ini
وَالْاِسْمُ مشْتَقٌّ منَ السُّمُوِّوهُوَالْعُلوُّلاَمِنَ الْوسْمِ وهوَ الْعَلاّمةُ
Lafad الاسم di bentuk darikata السُّمُوُّ yg berarti tinggi, bukan di bentuk dari kata الْوَسْمُ yg berarti tanda/ alamat.
واللّٰهُ علَمٌ للذّاتِ الواجِبِ الوُجودِ، واصْلُهُ إلٰهٌ وهوَ اِسْمُ جِنْسٍ لِكُلِّ مَعْبودٍ، ثُمَّ عُرِّفَ بِألْ وَخُذِفَتِ الْهَمْزةُ ثمَّ اسْتُعْمِلَ فِي الْمَعْبودِبِحقٍّ
Dan lafal اللّٰهُ adalah nama bagi dzat ygwajib adakeberadaannya, dicetak dari asal kata إلٰهٌ yaitu nama dari segala hal yg di sembah, kemudian kata إلٰهٌ di makrifatkan dengan أَلْ/ alif & lam ,dan hamzahnya dibuang,kemdian kata اللٰهُ digunakan pada sesuatu yg di sembah dengan haq/ nyata.
وهُوَالاِسْمُ الاَعْظَمُ عِنْدَالاَكثرِولَمْ يُسَمَّ بِهِ غَيْرُهُ ولوْتَعَنُّتاً
Lafal الله menurut mayoritas ulama adalah sebuah nama yg maha agung dan tidak boleh dinamai dengan nama tersebut selain Allah, sekalipun atasdasar fanatisme.
والّرحمٰنُ الرَّحِيْمُ صِفَتانِ بُنِيتا للْمبالَغةِ مِنْ رحُمَ، والرحمٰنُ اَبْلَغُ منَ الرّحيمِ،لِاَنَّ زِيادَةَالْبِناَءِ تَدلُّ علي زيادةِ الْمعْنَي ،ولِقوْلِهِمْ رحمنُ الدُّنْيا والآخِرةِ ورحيمُ الآخرةِ
Lafal الرحمن الرحيم adalah dua kata sifat(ajektif) yg dibentuk untuk arti melebihkan dalam makna/ mubalagoh, dari asal kata rohuma,
Lafal الرحمن mempunyai arti yg lebih sempurna daripafa lafal الرحيم، sebab bertambahnya bentuk menunjukkan bertambahnya makna,dan sebab ada ucapan dari para ulama, yaitu { RAHMAN adalah belas kasihan di dunia dan akhirat, sedangkan ROHIM , adalah belas kasihan di akherat saja,
(الحمدُ لِلّٰهِ الذِيْ هَدانا) أيْ دَلَّنا (لِهٰذا) التّأْليْفِ (وَما كنّا لِنَهْتدِيَ لَوْلا اَنْ هداناَاللٰهُ) إلَيْهِ،والحمْدُهُوَالوَصْفُ بِالْجَمِيْلِ
Segala puji bagi Allah yg telah memberikan hidayahnya kepada kita dalam penyusunan kitab ini, kami tidak akan mendapat hidayah seandainya Allah tidak memberikan petunjuk mengenai penyusunan kitab ini, lafal “Alhamdu” bermakna memberi sifat dgn yg indah,
(والَّصَّلاةُ) وهِيَ منَ اللهِ الرَّحْمَةُالْمَقْرونَةُ بِالتّعْظِيْمِ (والسّلامُ) أيْ التّسْليمُ مِنْ كلِّ أٓفَةٍ ونَقْصٍ(عَلي سَيِّدِنا مُحمدٍ رسولِ اللّٰهِ) لِكافَّةِالثَّقلَيْنِ الْجِنِّ والاِنْسِ اِجْماعاً، وكذا الملائكةُعلي ما قالهُ جمْعٌ مُحَقِّقونَ
(Solawat dan salam) makna الصلاة dari الله adalah rohmat yg disertai dgn pengagungan, sedangkan makna السلام adalah keselamatan dari setiap kerusakan dankekurangan.( semga tercurahkan kpd junjungan kita nabi محمد utusan الله) untuk seluruh umat manusia dan jin,sesuai dgn kesepakatan ulama,begitupula untuk para malaikat menurut pendapat sekelompok ulama muhaqqiqin.
وَمحمّدٌ عَلَمٌ منْقولٌ منِ اسْمِ المفْعولِ المُضَعّفِ،موْضُوعٌ لِمَنْ كثُرَتْ خِصالُهُ الْحَمِيدَةُ
Lafal محمد adalah nama yg dipindah dari isim maf’ul yg di ulang huruf ain fiilnya,diperuntukkan untuk seseorang yg memiliki sifat / karakter terpuji
سُمِّيَ بِهِ نَبِيُّنا ﷺ بِاِلْهامٍ مِن اللّٰه لِجَدِّهِ
Beliau dinamakan demikian,karena ilham yg diperoleh kakeknya dari الله.
وَالَرَّسولُ من البشَرِ ذَكرٌ حَيٌّ اُؤْحِيَ إِلَيْهِ بِشرْعٍ وأُمِرَ بِتَبْلِيغِهِ وَاِنْ لمْ يَكُنْ لهُ كِتابٌ ولا نَسْخٌ كَيوْشَعَ عليه السلامُ،فإنْ لمْ يُؤْمرْ بِالتبليغِ فَنبِيٌّ
Rasul dari golongan manusia adalah seorang laki laki merdeka yg diberi wahyu tentang ajaran syariat serta diperintahkan untuk menyampaikan wahyu tersebut. Walaupun tdk mendapatkan kitab dan nusakh / lampiran seperti nabi yusa’ AS, Dan bila ia tdk diperintahkan untuk menyampaikanya maka disebut dgn Nabi.
والَّرسولُ أَفْضَلُ مِن النبيِّ إجماعاً، وَصَحَّ خَبَرُ أنَّ عددَ الانبياءِ عليهِمُ الصلاةُ والسلامُ مائةُ اَلْفٍ واربَعَةٌ وعِشْرونَ الفاً،وَأنَّ عددَالرُسُلِ ثلثمئةٍوخمسةَعشرَ
Seorang rasul lebih utama daripada seorang nabi menurut kesepakatan ulama, dalam hadits yg sohih bahwa jumlah bilangan nabi senyak 124,000, sedangkan jumlah para rosul sebanyak 315.
(وَعليَ أٰلِهِ) أيْ أقارِبِهِ المؤمنينَ مِنْ بَنيْ هاِشمٍ والمُطّلِبِ،وقِيْلَ هُمْ كُلُّ مُؤْمِنٍ أيْ فيْ مَقامِ الدُعآءِوَنَحْوِهِ،واخْتيرَ لخَبَرٍضعيفٍ فيهِ،وَجزمَ بهِ النوويُّ في شَرْحِ مُسْلِمٍ
(Dan semoga tercurahkan kpd keluarga nabi) yg dimaksud dengan keluarga nabi adalah kerabat kerabat nabi yg beriman dari kalangan bani hasyim dan muttolib, sebagian pendapat mengatakan kerabat nabi adalah seluruh orang beriman,yg terdapat dlm tataran doa atau semacamnya,keterangan ini dipilih atas dasar hadist doif,dan imam nawawi menegaskan hal tersebut dalam kitab sarah muslim.
(وصَحْبهِ) وهُوَ اسْمُ جمعٍ لصاحبٍ بمعني الصحابِيِّ وهوَ منِ اجْتَمعَ مُؤْمِناً بِنبِيِّنا ﷺ وَلَوْ أعْميَ وغَيْرَ مُمَيِّزٍ
(Dan para sahabat) kata وصحبه adalah isim jama dari kata صاحب yg bermakna صحابي yaitu orang yg berkumpul bersama nabi dlm keadaan beriman walaupun ia buta dan belum tamziy.
(اَلْفائِزيْنَ برضا اللّٰه ) تَعاليَ صِفَةٌ لِمنْ ذُكِرَ
(Yang semuanya memperoleh kebahagiaan sbb mendapat Ridla Allah) lafal الفائزين برضا الله adalah sifat bagi orang orang yg telah disebut.

Semoga pemateri diberikan kesehatan selalu dan dilimpahkan rezekinya, semoga bisa menjadi amal jariah tuk keluarga beliau

Jangan Lupa Share klik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *