Latihan Baca Kitab, Terjemahan Bahasa Arab Fathul muin , Bagian 03 – 04

sekarang kita sampai pada pembahasan Latihan Baca Kitab, Terjemahan Bahasa Arab Fathul muin

Contents dan Daftar isi

Terjemahan Bahasa Arab, Latihan Baca Kitab Fathul Muin 3

٭Fathul muin , Bagian 03

Read More

٭ (وَبَعْدُ) أي بعْدَ ماتقدَّمَ من البسْملةِ والْحمْدلةِ والصلاةِ والسلامِ عَليَ منْ ذُكِرَ
(Setelah itu semua) yakni setelah menyebutkan basmalah hamdalah dan sholawat atas orang yg telah disebutkan
(فهٰذا) المُؤَلّفُ الحاضِرُ ذِهْناً (مُخْتصَرٌ) قَلَّ لَفْظُهُ وكثُرَ معناهُ مِن الاِخْتصارِ
Karangan ini yg hadir dalam hati ( merupakan ringkasan kecil) yg sedikt lafalnya dan banyak maknanya dari sebuah ringkasan
(فِيْ الْفِقْهِ) هُو لُغَةً الَْفَهْمُ واصْطِلاحاً العِلْمُ بالاحْكامِ الشّرْعِيّةِ العمليّةِ المُكْتسَبُ من أدِلَّتِها التّفْصيلِيَّةِ، واستمدادهُ مِن الكتابِ والسُنّةِ والاجماعِ و القياسِ، وفائدتهُ إمتِثال أوامِرِاللّٰهِ تعاليَ واجْتِنابُ نواهِيْهِ
( Dalam ilmu fiqih,) fiqih secara bahasa adalah faham, dan secara istilahi adalah ilmu tentang hukum hukum syariat yg berbentuk pengamalan yg dihasilkan dari dalil dalil yg terperinci, pengambilanya dati Alquran ,Hadist, ijmak,qiyas, adapun faedahnya adalah untukvmenjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganya
(عليَ مَذهَبِ الامامِ) المُجْتهِدِ أبِي عبدِ اللّٰهِ مُحَمّد بنِ ادْراسَ (الشّافِعِيِّ رحمهُ اللّهُ تعالي) ورَضِيَ عَنْهُ أيْ ما ذَهَبَ اليْهِ مِن الاحْكامِ فِيْ المسائِلِ، وإِدْريْسُ والِدُهُ هُو اِبنُ عباّسٍ بنِ عثمانَ بنِ شافِع بنِ السّائِبِ بنِ عبَيْدِ بنِ عَبْدٍبنِ يَزِيدَ بنِ هاشمٍ بنِ عبدِالمطّلبِ بنِ عبدِمنافٍ
(Dalam madzham imam) mujtahid abi abdillah Muhammad bin idris( assafii’, semoga Allah SWT senantiasa merahmatinya) dan meridloinya, maksudnya adalah mengikuti hukum hukum permasalahan dari imam assafii’, idris adalah nama orang tuanya, dia anak dari ibnu abbas bin usman bin safik bin saib bin ubaid bin abdi bin yazid bin hasyim bin abdul muttolib bin abdi manaf.
وشافِعٌ هو اللذيْ يُنسبُ إليهِ الامامُ، وأسْلَمَ هُو وابوهُ السائِبُ يوْم بَدْرٍ ووُلِدَ إمامُنا رضي الله عنهُ سنةَ خمْسينَ ومائةٍ،وتوفِّيَ يومَ الجمعةِ سلخَ رجبَ سَنَةَ أرْبعٍ ومائتينِ
Sedangkan safik adalah nama yg imam safii di nsbatkan kepadanya, ia dan ayahnya ” saib” maduk islam pada hari terjafinya perang badar, imam k8ta di lahirkan pada tahun 150 H dan wafat pada hari jumat akhir bulan rajab tahun 204H
( وسمّيْتُهُ بقُرّةِالعينِ) ببَيانِ (مهِمّاتِ) أحْكامِ(الدِّيْنِ)إنْتخبْتهُ وهٰذاالشرخَ مِن الكتُبِ المعْتَمَدَةِ لِشيخِنا خاتمةِالمحققينَ شِهابِ الدّينِ أحْمَدَ بنِ حجرٍ الهيتميِّ وبقِيّةِ المُجْتهدينَ مثلَ وَجهيهِ الدينِ عبدِالرحمنِ بنِ زِيادٍ الزُّبيْديِّ رضي الله عنهما وَشيْخيْ مشايِخِنا شيخِ الاسلامِ المجدِّدِ زكريّا الانْصاريِّ والامامِ الامْجَدِ أحمدَ المُزجَّدِالزبيديِّ رحمهما اللهُ تعاليَ وغيرِهمِْ من محققي المتأخّرينَ
(Saya namakan kitab ini dengan qirrotil ain) yg menjelaskan hal hal penting dalam hukum agama,
Ringkasan tersebut dan kitab ini kami ambil dari sumber kitab kitab pegangan milik guru kami yg menjadi penutup ulama muhaqqiqin yakni sihabuddin ahmad bin hajar alhaetamiy,dan ulama mujtahid yg lain seperti seh wajihuddin abdirrohman bin ziyad azzubaidi ” semoga Allah meridloi keduanya” dan kedua gurunya gurukami yakni saihul islam almujaddid Zakaria Alansori dan Al Imam Al amjad ahmad Al muzajjad Al zubaidi ” semoga Allah merahmati kefuanya” dan dari selain mereka semua dari kalangan ulama muhaqqiqin kurun / periode akhir.
مُعْتمِداٍ علي ما جَزَمَ بهِ شَيْخا المَذْهَبِ النوويِّ والرّافِعيُّ فَمُحققوالمتأخِرينَ رضي اللهُ عنهمْ
Kami berpegang dengan pendapatyg di sepakati oleh kedua syeh madzhab yakni imam nawawi dan imam rofii’ dan ulama muhaqqiqin periode akhir yg lain①semoga Allah meridloi mereka semua.
(راجِياً من) ربِّنا(الرحمنِ انْ ينتفعَ به الاذْكِيآءُ) أيْ العُقلآءُ(وأنْ تَقِرَّ بهِ) بسببهِ(عَيْنِيْ غَداً) أيِ اليومِ الآخِرِ(بالنَظرِ إلي وَجْهِهِ الكَريمِ بُكْرَةً وعِشِيّاً) أٓمينَ
( berharap dari) tuhan kami( yg maha pengasih, semoga kita b ini bermanfaat bagi para cendikiawan ” orang orang berakal” ( dan semoga Allah menyejukkan)dgn sbb ktab ini(mata kami esok)di hari akhir ( dgn memandang dzatnya Allah yg maha mulia) di pagi dan sore hari, Aamin
━━━━━━━━━━━━━━
①Maksudnya yg dijadikan pedoman dlm berfatwa pertama kali adalah pendapat yg telah di sepakati oleh imam nawawi dan Rofiie, jika terdapat perbedaan pendapat diantara keduanya maka yg lebihdi prioritaskan adalah pendapat imam nawawi,lantas imam Rofiie dan mayoritas ulama,
Ket= Ianatut tolibin ,juz 1, Hal 27,cet Darl Fikr

Al Ustadz Ahmad Syarif Alawi

Terjemahan Bahasa Arab, Latihan Baca Kitab Fathul Muin 4

Fathul Mu’in materi ke 04
باب الصلاة
هي أقوال وأفعال مخصوصة مفتتحة بالتكبير مختتمة بالتسليم
Bab sholat
Solat adalah ucapan dan perbuatan yang di tentukan yang di awali dengan takbir dan di pungkasi dengan salam
وَسُمِّيتْ بذالكَ لِاشْتمالِها علي الصّلاةِ لغةً وهي الدعآءُ
Ucapan dan tindakan tadi dinamakan dengan sholat Karena mencakup arti sholat secara bahasa yaitu doa
المفْروضاتُ العيْنِّيةُ خمسٌ فيْ كلِّ يومٍ ةليلةٍ، معلومةٌ من الدينِ بالضرُورَةِ،فيكفرُ جاحدُهُ.
Sholat yang dihukumi fardlu ain (wajib secara individu) ada lima dalam sehari semalam, yang telah diketahui dengan jelas dalam agama,maka di hukumi kafir bagi orang yang menentangnya.
وَلمْ تجْتَمِعْ هذه الخمسُ لغيرِ نبيناَ محمّدٍ،وفُرِضتْ ليلةَالاسرآءِ بعدَالنُّبُوّةِ بعشرِسنينَ وثلاثةَاشهُرٍليلةَسبعٍ وعشرينَ من رجبَ، ولمْ تجبْ صبحُ يومِ تلك الليلةِ لعدمِ العلْمِ بِكيْفَِيتها.
Sholat lima waktu initidak terkumpul selain pada Nabi kita Muhammad SAW. Sholat lima waktu di fardlukan pada malam isro’setelah 10 tahun kenabian lebih 3 bulan.tepatnya terjadi pada malam 27 bulan Rajab, sholat Subuh dari malam itu tidak di wajibkan sebab belum di ketahui tata cara Nya.
(إنّما تجبُ المكتوبةُ)أيِ الصّلواتُ الخمسُ(عَليَ)كُلِّ(مسلمٍ مُكلَّفٍ)اي بالغٍ عاقلٍ ذكَرٍ او غيِرهِ(طاهِرٍ)
Kewajiban melaksanakan shalat Maktubat yaitu sholat lima waktu Hanya dibebankan kepada setiap orang muslim yang mukallaf yaitu orang Islam yang baligh dan berakal,baik laki-laki ataupun yang lainnya, dan orang yang suci
فلاتجِبُ علي كافرٍ اَصْلِيًّ وصبيٍّ ومجْنونٍ ومُغْميَ عليهِ وسكْرانَ بلاتعَدٍّلعدمِ تكليفهِمْ
،ولاعلي حائضٍ ونُفسآءَلعدمِ صِحَّتِها منهماَ ولا قضآءَ عَليهما،بلْ تجب علي مُرْتَدٍّ ومتعدٍّ بِسكْرٍ
Maka ibadah shalat itu tidak wajib bagi orang kafir asli, anak kecil, orang gila,epilepsi / ayan ,dan orang mabuk yang tidak di sengaja, karena tidak ada tanggungan bagi mereka, dan juga tidak wajib bagi wanita yang haid dan nifas sebab tidak sah shalat dari mereka berdua dan tidak ada kewajiban mengganti solat yang di tinggalkan Atas mereka berdua,
Namun sholat hukumnya wajib bagi orang murtad dan orang yang sengaja dalam hilangnya akal sebab mabuk
(ويُقْتَلُ) أيِ المسلمُ المكلف الطاهِرُ حدًا بضرْبِ عُنُقِهِ(إنْ أخْرَجها)اي المكتوبةَ عامداً(عنْ وقتِ جمعٍ)لهاَ إنْ كان كسْلاًمع اعتِقادِوجوبِها(إنْ لمْ يتبْ) بعدَ الاستِتابةِ
Seorang muslim yang mukallaf dan yang suci dibunuh dengan memenggal kepalanya sebagai hukuman ketika dia mengeluarkan sholat yang wajib dengan sengaja dari waktu yang dapat digunakan menjama’ sholat wajib tersebut, jika ia merasa malas yang di sertai dengan keyakinan terhadap kewajibannya . kalau ia tidak bertaubat setelah disuruh.
وعلي ندْبِ الاستتابةِلايضمنُ منْ قتلهُ قبلَ التوبةِلكنّه يأثِمُ
Jika mengikuti pendapat yang menghukumi sunah untuk memerintahkan taubat.maka tidak wajib mengganti rugi bagi orang yang membunuhnya sebelum ia bertaubat namun hukumnya berdosa.
وَيقْتلُ كفْراًإنْ تركَهاَ جاحِداً وُجوبَهاَ فلا يُغْسلُ ولا يُصلّي عليهِ
Dan dibunuh dengan setatus kafir apabila ia meninggalkan sholat sebab menentang kewajibannya,maka ia tidak boleh di mandikan dan di sholati.

Jangan Lupa Share klik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *