Teks Khutbah Jumat singkat Terbaru, Pendidikan Agama adalah Solusi terbaik generasi bangsa

  • Whatsapp
teks khutbah jumat, Pendidikan Agama adalah solusi terbaik generasi Bangsa
teks khutbah jumat, Pendidikan Agama adalah solusi terbaik generasi Bangsa

tema khutbah kali ini karena bertepatan setelah perayaan 17 agustus dan 10 muharrom hari asyuro, maka sebagai rasa syukur kita, kita akan membahas apa yang diperlukan untuk generasi bangsa kita

bagi yang ingin teks khutbah, terutama bagi para dai’i, ustadz, khotib yang banyak kesibukan dan belum sempat buat teks khutbah jumat, tinggal dimodifikasi dan disesuaikan dengan keperluan jamaah

 

silahkan ambil di sini

Khutbah Jumat Terbaru, pendidikan agama solusi terbaik generasi bangsa

 

Marilah kita meningkatkan nilai nilai ketaqwaan kita kepada Allah swt, dengan sebenar benarnya taqwa, Allah berfirman :

اتَّقُو اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلّا وَأَنْتُم مُسْلِمُوْنَ

Bertaqwalah kalian kepada Allah dengan sebenar benarnya taqwa, janganlah kalian meninggal kecuali kalian dalam keadaan Muslim.

Patutlah kita bersyukur sedalam dalamnya, kita tidak meminta di Negeri mana kita dilahirkan, di Negara mana kita bisa tumbuh dewasa, namun Allah takdirkan kita dengan sebaik baiknya takdir, lahir, tumbuh berkembang dewasa di Negeri Tercinta Indonesia.

Pada bulan Muharrom kali ini bertepatan dengan moment yang sangat kita hormati dan kita muliakan, yaitu hari kemerdekaan dan hari asyuro, Moment hari kemerdekaan telah kita lewati, Moment Asyuro telah kita nikmati, Bersyukurnya kita hidup di Indonesia di negeri yang makmur dan damai ini.

Lantas, apa tanda terima kasih kita, apa ucapan rasa syukur kita, apakah hanya seremonial dan perayaan bahagia sesaat semata ?.

مَنْ لَمْ يَشْكُرِ النَّاس لَمْ يَشْكُرِ اللهَ

Barangsiapa yang tidak bersyukur kepada manusia maka dia tidak pula bersyukur kepada Allah.

 

Ada banyak ragam cara berterima kasih dan rasa syukur kita kepada Bangsa Indonesia, yaitu dengan melalui jalur edukasi atau pendidikan, kita didik anak keturunan kita, kita didik regenerasi kita, kita didik masyarakat kita, guna kebaikan dan kesejahteraan bersama.

Yang masih belum bisa mengaji, kita ajarin mereka untuk mengaji, yang belum mengenal baca tulis Al Qur’an kita ajari mereka agar bisa baca tulis Al Qur’an, agar kelak menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa.

Kita Jaga Akhlak generasi muda saat ini, sebagai persiapan pembangungan generasi masa depan, bentuk peran mereka sebagai garda terdepan untuk menjaga dan merawat Indonesia.

Kita didik anak dan regenerasi masyarakat kita, untuk membedakan, mana yang halal dan mana yang haram, mana harta yang merupakan hak milik dan mana harta amanah yang tidak boleh diutak atik, kita ajarin mereka tentang apa itu sifat waro’ dan sifat qonaah, agar regenerasi kita terhindar dari sifat maruk dan korup.

Maka pendidikan adalah hal penting dalam melangsungkan generasi baik dan berakhlak kedepannya.

Silahkan memberikan anak sarana belajar terbaik berupa sekolah terbaik menurut masing masing hingga yang sekolah elite mahal sekalipun, dan menyediakan fasilitas terbaik untuk anaknya namun jangan lupa untuk belajar baca tulis al qur’an, mempelajari kehidupan Nabi dan Akhlak para sahabat, membedakan mana yang halal, haram dan mengajarkan sifat waro’.

Diantara salah satu alternative terbaik dan solusi yang sangat bagus dalam pendidikan anak di era saat ini adalah, dengan menyekolahkannya di Pesantren atau Madrasah.

Karena di Pesantren, minimal sholat lima waktu dan pergaulannya sangat terjaga dan disiplin, ditambah nilai nilai ajaran agama yang diajarkan juga sangat intensif.

Sama sekali di dunia pendidikan pesantren tidak ada dan tidak mengenal istilah ketinggalan zaman, karena di saat ini banyak sekali yang tertinggal akheratnya, bekal untuk akherat tertinggal, akhlak moral banyak yang terabaikan, nilai sopan santun mulai terkikis.

Sejak zaman dahulu, sebelum kemerdekaan, Pesantren ikut andil saham dalam jasa pendidikan Indonesia, maka marilah kita siapkan generasi setelah kita, sebagai bentuk rasa syukur, dan rasa peduli kita pada Indonesia.

Kita siapkan kedepannya generasi yang waro’, mengerti halal dan haram serta haknya yang semestinya, dan hak orang lain yang yang tidak boleh diganggu, generasi yang melaksanakan kewajiban sholat, generasi yang tidak buta baca tulis Al Quran, generasi yang berakhlak mulia, mengerti sopan santun, berbakti kepada orangtua bangsa dan Negara, maka pendidikan agama adalah merupakan solusi terbaik untuk generasi bangsa kedepannya

Semoga Allah berikan taufiq dan hidayahnya agar kita bisa memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak anak kita, dan semoga Allah berikan kita anak yang sholeh dan sholehah, aminn ya robbal alaminn.

 

Teks Khutbah Jumat Singkat

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

Teks Khutbah Jumat Singkat

Khutbah Jumat ini terinspirasi dari Kitab Kanzun Nazah Wa Surur

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan  diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Saya kumpulkan teks khutbah ini juga secara khusus pada web silahkan kunjungi

Khutbah Jumat

atau telegram https://t.me/khutbahjumatpdf

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *