Naskah Khutbah Jumat Singkat, Sisa Hari Ramadhan yang Berharga

  • Whatsapp
Naskah Khutbah Jumat Singkat, Teks Khutbah Jumat Singkat, Khutbah Jumat, Khutbah Ramadhan
Naskah Khutbah Jumat Singkat, Teks Khutbah Jumat Singkat, Khutbah Jumat, Khutbah Ramadhan

Tema Khutbah Jumat Ramadhan kali ini membahas tentang hari hari pada bulan ramadhan terutama 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan

Untuk Download Teks Naskah khutbah Jumat singkat ini silahkan klik

Naskah Khutbah Jumat Singkat, Akhir Ramadhan yang sangat berharga-dikompresi

Pada Kesempatan yang Mulia ini, di atas mimbar yang mulia ini saya selaku khotib berwasiat kepada diri al faqier pribadi dan kepada hadirin umumnya, untuk selalu meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt.

ذَهَبَ نِصْفُ رَمَضَان وَ نِصْفُهُ البَاقِي ذَهَب

Telah pergi setengah Ramadhan, dan setengah sisanya adalah emas yang sangat berharga.

Marilah kita merenung lebih dalam, apa saja yang telah kita lakukan selama setengah akhir ramadhan yang telah berlalu agar menjadi evaluasi ibadah kita untuk sisa sisa hari yang mulia ini.

Sudah berapa kali kita menghatamkan Al Qur’an ?.

Sudahkah kita menghidupkan malam malam bulan ramadhan dengan ibadah ibadah sholat ?

Berapa banyak sedekah yang kita kerahkan di bulan Ramadhan ini ?

Sudahkah kita peduli dengan anak yatim, faqir miskin di lingkungan kita ?

وَقَدْ وَرَدَ : أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم كَانَ يَجْتَهِدُ فِي رَمَضَان مَا لَا يَجْتَهِدُ فِي غَيْرِهِ، وَكَانَ يَجْتَهِدُ فِي العَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْهُ مَا لَا يَجْتَهِدُ فيِ غَيْرِهَا مِنْ رَمَضَان

Diriwayatkan bawasanya Nabi Muhammad saw Beliau Bersungguh sungguh di bulan Ramadhan tidak seperti pada bulan bulan lainnya, dan Beliau bersungguh sungguh di sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan tidak seperti hari hari lainnya di Bulan Ramadhan.

 

Demikian karena kemuliaan sepuluh hari terakhir pada bulan ramadhan dari hari hari sebelumnya pada bulan Ramadhan dan Rasulullah saw menganjurkan untuk sungguh beribadah guna mendapatkan lailatul qodar, Para Ulama Berucap : Pada Hari hari ganjil lebih diharapkan untuk mendapatkan malam lailatul qadar

 

Maka seyogyanya bagi setiap Mu’min yang cerdas agar selalu bersiap diri di setiap malam pada malam malam bulan Ramadhan untuk mendapatkan bulan ramadhan dan bersungguh sungguh dan kontinyu dalam ibadah,  karena maksud dari mendapatkan malam lailatul qodar ialah, hadirnya malam lailatul qodar ketika kita sedang disibukkan dengan ibadah ibadah.

 

Dianjutkan pula untuk memperbanyak shodaqoh dan berbuat baik menyantuni Janda dan Anak Yatim.

فَقَدْ وَرَدَ : أَنَّهُ كَانَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَام أَجْوَدُ بِالخَيْرِ مِنَ الرِيْحِ المُرْسَلَة، وَأَنَّهُ أَجْوَدُ مَا يَكُوْنُ فِي رَمَضَان

 

Beliau adalah orang yang paling  baik dalam berderma lebih daripada angin yang bertiup, dan Beliau paling baik pada Ramadhan.

 

Dianjurkan pula untuk memperbanyak membaca Al Qur’an, dan mengkajinya serta I’tikaf di Masjid terutama di sepuluh akhir bulan ramadhan.

 

Maka di hari hari yang tersisa ini, apakah kita tega untuk mengabaikan hari hari tanpa ada amal ibadah yang meningkat ?, apakah kita ridho, malam lailatul qadar terlewatkan dan tidak pula kita beribadah kepada Allah swt ?, apakah kita mau pahala  ibadah yang dilipat gandakan pada bulan ramadhan terwelatkan begitu saja ?

 

Rasulullah mensifati hari hari bulan Ramadhan menjadi tiga, bagian

أَوَّلُه رَحْمَة، وَأَوْسَطُه مَغْفِرَة، ,وَ آخِرُهُ عِتْقٌ مِنَ النَّار

Sepertiga pertama adalah Rahmat, Pada Pertengahan adalah Pengampunan, dan sepertiga akhir adalah pembebasan dari api neraka.

Maka di sisa sisa hari Ramadhan ini, semoga Allah berikan kita taufiq dan hidayahnya, untuk lebih bersemangat dan gigih beribadah, membaca Al Qur’an dan bersedekah, dan semoga kita mendapatkan rahmat, pengampunan dan pembebasan dari api neraka, amiinnn ya robbal alamiiin.

 

 

Sumber dari Teks Khutbah Jumat Singkat ini adalah Kitab Nashoih Diniyyah Karya Al Imam Al Habib  Abdullah bin Alwi Al Haddad

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

https://hilyah.id/download-khutbah-jumat-singkat-pdf/

 

Khutbah jumat ini terinspirasi dari Kitab Nashoih Diniyyah

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

Jangan Lupa Share klik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.