Khutbah Jumat, Keutamaan Puasa Syawwal Dan Makanan yang Halal

  • Whatsapp
Khutbah Jumat Singkat Makanan Yang Halal
Khutbah Jumat Singkat Makanan Yang Halal

untuk Download Teks Naskah Khutbah Jumat Singkat Silahkan Klik di sini

Naskah Khutbah Jumat Singkat, Khutbah Syawwal Puasa Syawwal dan Makanan Halal

 

 

Marilah kita selalu berusaha untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah, dengan selalu meningkatkan amal ibadah kita kepada Allah swt.

Seminggu sudah kita meninggalkan bulan Ramadhan, setelah ramadhan pun masih ada kemuliaan ibadah puasa yang jika dikerjakan sungguh luar biasa pahalanya.

عن أبي أيُّوب الأنصاري رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: مَن صام رمضان ثم أتبَعَه ستًّا من شوَّال، كان كصيام الدهر؛ رواه مسلم

Dari Aby Ayyub Al Anshori Ra, Bahwasanya Rasulullah saw berkata “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 syawwal, maka seakan puasa satu tahun lamanya, diriwayatkan oleh imam muslim.

Oleh karena itu di beberapa daerah setelah melaksanakan puasa 6 hari di bulan syawwal pada hari ke tujuh mereka berbahagia sembari merayakan tasyakuran dengan tradisi memasak masakan berupa ketupat, opor dan lain lain, hari bahagia tersebut disebut dengan hari raya ketupat, itulah asal usul penamaan hari hari raya ketupat.

Bagi yang belum melaksanakan 6 hari puasa di bulan syawwal maka silahkan melaksanakannya selama kita masih berada di bulan syawwal ini.

Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok yang harus kita penuhi, dari makanan minuman tersebut menjadi sumber energy yang harus kita gunakan untuk bekerja dan ibadah, karena itulah manusia sebagai makhluk yang sempurna ciptaannya Allah swt, yang selalu diperintah untuk beribadah, dan ibadah memerlukan umber energy, manusia dituntut untuk mencari sumber energi tersebut, dan sumber energi itu haruslah baik, bersih, tidak membahayakan tubuh dan akal pikiran orang yang memakainya, dalam ayat suci Al Quran sering kali kita diingatkan tentang makanan yang halal : Surat Al-Baqarah Ayat 168

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Surat Al-Baqarah Ayat 172

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.

Dan masih banyak ayat ayat lainnya, yang Allah memerintahkan kepada Manusia untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan baik.

Dari ayat ayat tersebut, begitu nyata Allah swt memerintahkan kepada kita untuk emngkonsumsi makanan yang halal dan baik, makanan yang halal yang masuk dalam tubuh manusia akan selalu meningkatkan energy positif, energi yang baik, untuk selalu berkeinginan mengerjakan amal sholeh, dan menjauhi segala keburukan.

Lewat makanan yang halal hati seseorang akan berubah menjadi lembut dan penyayang.

Syeikh Ali Asyadzili Berkata :

مَن أَكَلَ الحَلَالَ لَانَ قَلْبُهُ,,وَمَنْ أَكَلَ غَيْرَ الحَلَالِ قَسَا قَلْبُهُ

Barangsiapa yang makan makanan halal maka lembut hatinya dan barangsiapa yang makan makanan yang tidak halal akan keras hatinya. Syekh Ahmad bin Ruslan dalam  nadzoman kitab Zubad-nya yang fenomenal beliau berkata berkata,

وَطَاعَةٌ مِمَّنْ حَرَامًا يَأْكُلُ    مِثْلُ البِنَاءِ فَوْقَ مُوْجٍ يُجْعَلُ

“Ibadah dari orang yang memakan harta haram, seperti mereka yang membuat bangunan di atas ombak.”

Yang artinya ibadah itu sia sia, layaknya membangun kebaikan yang kemudian hancur sia sia karena makanan yang tidak halal.

Semoga Allah memberikan kita taufiq dan hidayah untuk selalu mendapatkan makanan yang halal dari pekerjaan yang halal yang kemudian menjadi energy baik untuk setiap ibadah kita.

 

untuk teks khutbah jumat lainnya silahkan klik

Khutbah Jumat Singkat PDF

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *