Khutbah Jumat Dzul Qo’dah

  • Whatsapp
Khtubah Jumat Dzul Qo'dah
Khtubah Jumat Dzul Qo'dah

Khutbah Jumat Kali ini adalah tema yang terkini dan terupdate

yaitu tentang bulan dzul qo’dah

bagi yang ingin Download silahkan ambil di sini

Khutbah Jumat Dzul Qo’dah

Teks Khutbah Jumat Tentang Bulan Dzul Q’dah

Al Faqier selaku khotib di mimbar yang mulia ini, di hari Jumat yang mulia ini, di bulan dzul qo’dah yang mulia ini, AL Faqier berwasiat kepada al faqier pribadi dan kepada hadirin umumnya, marilah kita meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt dengan sebenar benarnya taqwa.

Alhamdulillah, berkat kesempatan dan umur panjang yang Allah berikan pada kita, kita bisa sampai pada bulan dzul’ qo’dah ini, bulan dzul qo’dah adalah bagian dari bulan bulan Harom, disebut sebagai bulan harom, karena pada bulan tersebut tidak diperkenankan untuk melakukan perperangan dan sangat dilarang untuk melakukan dosa sebaliknya pada bulan bulan harom kita dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah kita, melaksanakan kebaikan secara maksimal dan meningkatkan ketaatan dan amal ibadah kita kepada Allah swt.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ الله اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ الله يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ .. الآية (36) سورة التوبة

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu…”.  (QS. At Taubah: 36)

 

Bulan apa sajakah yang disebut sebagai bulan Harom ?

الأَشْهُر الحَرَم أَرْبَعَة: رَجَب، وَذُو القَعْدَة، وَذُو الحِجَّة، وَالمُحَرّم؛ فَشَهْرٌ مُفْرِدٌ، وَهُوَ رَجَب، وَالبَقِيّة مُتَتَالِيَة، وَهِيَ: ذُو القَعْدَة وَذُو الحِجّة وَمُحَرّم.

Apa saja bulan bulan harom tersebut ?

Bulan bulan Harom tersebut adalah : Rajab, Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah dan Muharrom, Bulan yang tersendiri adalah Rajab sedangkan sisanya adalah berurutan, Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah dan Muharrom.

Kenapa disebut dengan bulan harom ?, karena pada bulan tersebut diharomkan perperangan dan pertumpahan darah, pada bulan tersebut seyogyanya kita sebagai muslim meningkatkan nilai nilai ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah swt.

Pada bulan Dzul Qo’dah ini kita masih punya banyak kesempatan untuk menabung, menyisihkan harta kita hingga kemudian pada bulan dzul hijjah kita sudah siap menyumbangkan harta kita untuk berkurban.

Jika kita tidak niatkan dari sekarang untuk berkurban, jika kita tidak memaksakan diri dari sekarang untuk menabung dan menyisihkan harta untuk berkurban, maka dengan ragam alasan sampai kapan pun kita akan terbelenggu sifat kikir dan pelit yang sangat kuat, maka kita niatkan dari sekarang, kita kumpulkan komitmen untuk menabung dari sekarang, semoga berkah bulan harom dan niat mulia untuk melaksanakan ibadah kurban Allah lapangkan rezeki kita, Allah kabulkan hajat kita, Allah lunasi segala hutang hutang kita, semua masalah seberat apapun, jika Allah sudah berkehendak, jika Allah sudah turun tangan, maka masalah tersebut akan ringan sangat sangat ringan.

Bahkan dari beberapa orang yang betul betul baik dan memiliki jiwa dermawan kendati pun penghasilannya pas pasan, ia menyisihkan uangnya selama setahun hanya untuk mempersiapkan diri agar uangnya bisa terkumpul demi melaksanakan ibadah kurban agar mendapatkan rahmat dan ridho Allah swt.

Semoga di bulan yang penuh keberkahan ini, Allah berikan kita taufiq dan hidayah agar kita bisa meningkatkan nilai nilai ibadah kita pada bulan dzul qo’dah ini, semoga kita diberikan umur panjang dan keberkahan umur, semoga Allah berikan kita keberkahan rezeki, keluasan rezeki berkat niat dan komitmen yang kita tanamkan di hati, untuk melaksanakan ibadah kurban mengharap ridho dan rahmat Allah swt.

Kumpulan Teks Khutbah Terbaru

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

https://hilyah.id/download-khutbah-jumat-singkat-pdf/

Khutbah Jumat ini terinspirasi dari kitab Nashoih Diniyah

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan  diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Grup Khutbah Jumat

Saya kumpulkan teks khutbah ini juga secara khusus pada web

http://www.khutbahjumat.my.id

atau telegram https://t.me/khutbahjumatpdf

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *