Metode Habib Ali Baharun, Pengasuh Pon Pes Dalwa Ba’alawi

Posted on

Assalamualaikum Semua, Selamat Datang di web Hilyah, di Halaman ini saya mengumpulkan beberapa cerita dan beberapa transkip ceramah

Terutama transkip ceramah Habib Segaf bin Hasan Baharun, habib ali bin hasan baharun dan Habib Husein bin Hasan Baharun.

Kesabaran dan Ketulusan Habib Ali Baharun dalam membina santri Dalwa

sebelum membaca lebih lanjut, dislcaimer dari saya adalah, ini pengalaman saya pribadi, dan ini adalah web saya pribadi.

jadi bahasa yang saya tulis adalah murni mewakili perasaan pribadi, mohon maaf jika ada salah tulis dan salah penyampaian bahasa.

Habib Ali pengasuh pon pes Ba’alawi yang keseharian beliau membina dan mendidik santri dengan penuh ketulusan dan kesabaran.

saya ingat banget beberapa pengalaman yang berkesan dengan beliau, pada tahun 2008

dulu saya masih inget ketika kelas 2 Aliyah, hafalan saya termasuk lambat dan lelet, terutama ketika tugas hafalan alfiyah bin malik

ketika itu tugas saya dan teman teman saya sekelas menyetorkan hafalan, dan saya termasuk orang terakhir yang menyetorkan hafalan.

ketika itu jam 12 malam lebih, beliau membimbing dan menunggu dengan penuh kesabaran, terpancar ketulusan, keikhlasan dan kesungguhan membina santri.

di pikiran saya “Harusnya hafalan lemah seperti saya, sudah sepantasnnya jika saya diomeli dan dimarahin”, namun beliau tidak pernah marah, sama sekali tidak pernah marah, hanya ucapan “Kenapa / Limadza ?” atau pertanyaan “Keif ?, Bagaimana ?” dengan penuh senyuman, itu cukup membuat hati saya sangat malu dan ingin lebih giat lagi

beliau tidak pernah marah dengan saya dan tidak pernah marah kepada teman teman saya yang hafalannya lamban, kal

namun beliau tersenyum melihatku sembari beliau membimbing dan membina hafalan yang saya setorkan, di saat itu hati saya terenyuh.

Kesabaran Habib Ali Baharun Menginspirasi Para Santri

hingga akhirnya saya berkomitmen, jika nanti saya jadi guru, saya akan lebih merangkul mereka yang hafalannya lemah, terutama lagi anak anak murid yang lebih butuh perhatian karena lamban dalam pemahaman

karena mungkin para murid saya nantinya, walaupun ada kekurangan dalam sisi hafalan dan pelajaran ada bakat lebih di sisi lainnya, yak sedikit banyak komitmen yang saya tanamkan saya jalanin pelan pelan.

saya akhirnya berjuang untuk memperbagus hafalan saya, walaupun terseok seok, karena memang hafalan saya sangat lemah, tapi kalau untuk memahami saya agak lumayan hehei

ketika itu pula saya menyadari, beliau selalu pulang larut malam demi membina dan mengajar santri santri Pon Pes Dalwa.

ketika itu padahal tahun 2008, beliau membina hafalan kami dengan penuh senyuman dan kesabaran, dan itu berlangsung hingga saat ini.

sudah berapa tahun terlewatkan, jika pembaca adalah santri Dalwa pasti akan sangat berkesan dengan kesungguhan beliau dalam mengajar

Metode Mengajar Habib Ali Baharun adalah ketulusan dari hati dan istiqomah

betapa malunya kalau saya malas belajar sedangkan beliau saban malam mendidik santri yang jumlahnya ribuan dengan ketulusan.

beliau selalu pulang larut malam, setiap beliau membuka majlis, pasti membaca beberapa kitab, dan beliau jelaskan dengan lugas.

kelihatan kalau dari penjelasan beliau, beliau hobi membaca dan tulus mengajar.

saya sedikit ingat metode belajar beliau ketika setiap kali masuk pembahasan Bab Fiqh, beliau selalu mengawali dengan penjelasan.

Ayat Al Quran, kemudian Hadist, kemudian Kalam Sahabat dan Para Ulama Salaf, Cerita yang berhubungan dengan bab tersebut, baik itu cerita dari Hadist Nabi ataupun para ulama dan salaf.

mengapa saya ingat ?, karena paling suka saya ketika masuk awal bab, dan menyimak rincian penjelasan beliau yang lugas dan indah.

mungkin kita terlalu sibuk mencari metode belajar terbaik, saya sendiri menikmati cara mengajar beliau, mengapa demikian ?

Karena beliau mengajar dari hati, dan ada yang mengatakan bahwa metode mengajar yang terbaik adalah ketika para guru mengerti keadaan murid.

الطريقة أهم من المادة والمدرس أهم من الطريقة

Metode lebih penting dari pada materi namun guru lebih utama dari pada metode.

Karena guru lebih memahami kebutuhan para santri.

Konsep dan metode Mengajar Habib Ali Baharun

Habib Ali Baharun beliau menjelaskan dengan cara struktural, terkonsep dan rapi, sampai saya dan teman teman saya berucap.

“Kalau kita catat penjelasan beliau itu pasti jadi buku”, ucap sahabat saya Hamidurrahman dan Anas Al Qodri, tahun 2008, betapa sangat terkonsep terstruktur,.

itulah mengapa web ini saya buat agar bisa menuliskan transkip ceramah ceramah beliau.

Mungkin Hafalan saya tidak nyantol alias lemah banget, namun metode mengajar beliau berupa ketulusan dan keistiqomahan yang masuk ke hati kita.

maaf berkesan curhat, karena ini memang web saya pribadi, semacam catatan saya pribadi, hehehei.

yang saya simpulkan dari kesabaran beliau adalah, mungkin saya lemah dalam menghapal, namun dari kesabaran beliau, kita belajar.

Hingga saya juga belajar bagaimana sabar menghadapi anak didik.

mungkin itu yang teman teman saya rasakan saat ini ketika membina para santri.

harus mengerti masing masing mental dan karakter para santri agar ilmu dan pemahaman bisa sampai

Kumpulan Transkip Ceramah Habib Segaf bin Hasan Baharun, Habib Ali Baharun dan Habib Husein bin Hasan Baharun.

saya sangat suka sekali transkip ceramah beliau, dan juga ceramah habib segaf bin hasan baharun, begitu pula ceramah habib husein baharun.

oke, ketika kita sampai ini, maka saya disini akan membuat daftar isi transkip transkip ceramah beliau.

Habib Ali bin Hasan Baharun pengasuh pon pes dalwa ba'alawi,
Habib Ali bin Hasan Baharun pengasuh pon pes dalwa ba’alawi

saya tuliskan di tema Biografi, sebagai sub bab tentang materi materi yang telah disampaikan oleh Mahaguru Pon Pes Dalwa, karena saya suka cerita memang.

jadi mohon maaf kalau alur cerita saya apa adanya.

Berikut adalah daftar isi transkip ceramah atau biografi, atau sekedar pengalaman pribadi saya ketika mendapatkan kenikmatan belajar kepada guru guru Pon Pes Dalwa.

(Daftar List Biografi on Process)

Yuk Kita Nikmati Ceramah Habib Ali Baharun

Daftar isi Biografi Biografi dan Cerita Para Ulama dan Habaib dari Web Hilyah

Biografi dan Cerita Cerita Tentang Habib Segaf bin Hasan Baharun serta trasnkip ceramah beliau.

Cerita Cerita, Biografi dan Hal Hal yang berhubungan dengan Pendiri Pon Pes Dalwa,

https://hilyah.id/category/habib-hasan-baharun/

Biografi dan Cerita Cerita Tentang Habib Segaf Baharun serta trasnkip ceramah beliau

https://hilyah.id/category/habib-segaf-baharun/

untuk biografi Habib Segaf Baharun Klik https://hilyah.id/biografi-dr-kh-habib-segaf-bin-hasan-bin-ahmad-baharun-s-h-i-m-h-i/

Biografi dan Cerita Cerita Tentang Habib Ali Baharun serta trasnkip ceramah beliau

https://hilyah.id/category/habib-ali-baharun/

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
Gravatar Image
http://hilyah.id/ dengan Hilyah belajar Bahasa Arab lebih Mudah, Web ini disajikan oleh Nur Hanifansyah, berupa Materi Sederhana untuk memudahkan belajar bahasa arab dan inggris, kumpulan ceramah agama, khutbah, cerita tentang para ulama, para habaib dan para salaf sholeh, juga menyajikan pembelajaraan bahasa arab yang mudah sesuai tingkatan, pemula, menengah dan mahir / advanced, Mohon Dukungannya Selalu untuk Hilyah.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *