Kali ini kita sampai pada pembahasan ke 5 Kitab Fathul Mu’in, Fathul Mu’in, Latihan Baca Kitab, terjemahan Bahasa Arab.
Fathul Mu’in materi 05. وَيُبادِر)من مرَّ(بفائتٍ)وجوباًإنْ فاتَ بلاعُذْرٍفيَلْزمُهُ القضآءُفوْراً
Bersegera melaksanakan sholat yang ditinggalkan oleh orang yang telah disebutkan hukumnya adalah wajib, jika sholat tersebut ditinggalkan dgn tanpa udzur maka wajib baginya untuk bersegera mengganti / mengqodlo sholat tersebut.
قالَ شيخُنا احمدُبن حجرٍ رحمه اللّٰهُ تعالي والّذِيْ يظْهرُ أنّهُ يلزمُهُ صَرْفُ جميعِ زمنهِ للقضآءِماعاداما يحتاجُ لِصرْفِهِ فيما لابدَّمنهُ،و نّهُ يحرُمُ عليهِ التّطوُّعُ
Guru kita syeh Ibnu Hajar mengatakan =jelaslah bahwa baginya Wajib menggunakan seluruh Waktunya untuk mengganti solat yang di tinggalkan selain waktu yang ia butuhkan untuk digunakan dalam hal yang wajib, dan Haram baginya melaksanakan kesunahan
ويبادرُ به ندباً إن فاتَ بعذرٍكنومٍ لمْ يعْتَدَّبهِ ونسيانٍ كذالك
Sunah bersegera mengqodlo sholat yang ditinggalkan sebab udzur seperti tidur yg di sengaja,begitu pula sebab lupa yang di sengaja
(ويُسنُّ ترتيبهُ)أيِ الفائتِ فيقضيِ الصبحَ قبلَ الظُهرِوهٰكذا(وتقْديمُهُ علي حاضرةٍلايخافُ فوتَها)إنْ فاتَ بعذْرٍ وإن خشِيَ فوتَ جماعتِهاعلي المعتمدِ
Disunnahkan untuk menertibkan sholat yang ditinggalkan maka sholat subuh dikerjakan dulu sebelum sholat Dzuhur dan begitu seterusnya Disunnahkan mendahulukan sholat qodlo’ Atas sholat yang hadir yang tidak ditakutkan habisnya waktu jika sholatnya ditinggalkan dengan sebab udzur, walaupun orang tersebut takut kehilangan sholat berjamaah dari sholat yang hadir menurut pendapat yg mu’tamad
واذافاتَ بلا عذْرٍفيجبُ تقديمُهُ عليها
Jika sholat tersebut di tinggalkan dgn tanpa udzur maka wajb baginya untuk mendahulukan mengerjakan sholat qodlo dengan mengakhirkan sholat yg hadir
أماإذا خافَ فوْتَ الحاضِرةِبان يقعَ بعضهاوإن قلَّ خارِجَ الوقتِ فيلزمُهُ البدْءُ بها
Sedangkan apabila ia takut kehilangan waktu sholat yang hadir walaupun hanya sedikit diluar waktunya,maka Wajib baginya mengawali sholat yang hadir.
ويجبُ تقْديمُ ما فاتَ بغيرِعذْرٍعلي ما فاتَ بعذرٍوإنْ فقِدَ الترتيبَ لانهُ سنّةٌ والبدارُواجِبٌ
*Wajib mendahulukan sholat yang ditinggalkan tanpa ada udzur Atas sholat yang ditinggalkan dengan udzur walaupun menyebabkan kehilangan tartib,sebab hukum tartib sunah dan bersegera hukumnya wajib.
ويُندبُ تأخيرُالرواتبِ عنِ الفوائتِ بعذرٍ،ويجبُ تأخيرها عن الفوائتِ بغيرِعذْرٍ
Disunnahkan untuk mengakhirkan sholat rowatib dari sholat yang ditinggalkan dengan udzur dan wajib mengakhirkan shalat rowatib atas sholat yang ditinggalkan dengan tanpa udzur.
(تنْبيهٌ) من مات وعليهِ صلاةُفرضٍ لمْ تُقضَ ولم تفْدَ عنهُ،وفي قوْلٍ أنَّها تفعل عنه اوصي بها ام لا حكاهُ العُباّدي عنِ الشافعيِّ لِخبرٍ فيهِ وفعلَ بهِ السبكيُّ عنْ بعضِ أقارِبِهِ
PERINGATAN barang siapa meninggal dunia sedang ia masih memiliki tanggungan sholat fardhu maka sholatnya tidak wajib diganti dan tidak di bayar fidyah sebagai ganti sholat yang ditinggalkannya. sebagian pendapat mengatakan sholat tersebut dapat dikerjakan sebagai ganti sholat yang ditinggalkan,baik orang tersebut berwasiat atau tidak. Imam Al ubbadi menghikayatkan pendapat tersebut dari imam Syafi’i sebab adanya hadist tentang hal tersebut, dan imam Subki dengan pendapat tersebut melakukannya sebagai ganti sholat yang ditinggalkan oleh sebagian kerabatnya