Apa Manfaatnya Mimpi Bertemu Rasulullah saw, Faedah dan Cara Bermimpi Nabi

  • Whatsapp

banyak yang selalu menanyakan apa manfaatnya mimpi bertemu Rasulullah saw

Disebutkan dalam kitab “Mafatihul Mafatih” bahwasannya, barang siapa yang melihat Al-Musthofa saw / Mimpi Nabi dalam tidurnya, maka Allah akan mematikannya dalam keadaan husnul khotimah, akan diberi syafaat oleh Rasulullah saw, dimasukkan kedalam surga, Allah akan mengampuninya dan kedua orang tuanya apabila mereka muslim, dan juga seakan-akan mengkhatamkan Al-Quran sebanyak 12 kali, dimudahkan baginya saat sakratul maut, dijauhkan dari siksa kubur, diamankan dari segala hal yang menakutkan pada hari kiamat, dan akan dipenuhi semua hajatnya di dunia dan akhirat dengan kemurahan dan kelembutan Allah swt.

Cita-cita yang mulia

Mushonnif berkata: inilah cita-cita yang mulia, yang diimpikan setiap orang yang mencintai Rasulullah saw, karena mencintainya, Allah akan melimpahkan untuknya berbagai rahasia dan melimpahkan cahaya-cahaya Illahi. Dia pun dapat berenang di lautan cahaya dan rahasia Allah, allah juga akan selalu menjaganya dengan inayahnya disaing dan malam hari.

Sumber Pengumpulan Faidah

Wahai orang yang mencintai Rasulullah saw –semoga sholawat serta salam terhaturkan kepadanya-

Ketahuilah, bahwasanya aku telah mengumpulkan dalam kitab-kitab ini faidah-faidah yang berjumlah lebih dari 100 faidah yang begitu berharga yang bisa menyampaikan kita insay Allah untuk melihat Rasulullah saw, yang aku kumpulkan dari beberapa kitab dan dari perkataan orang-orang sholeh yang masih bisa kita jumpai saat ini, yang tergolong ahli makrifatdan yang mempunyai keutamaan. Mereka pulalah yang dijadikan sandaran pada zaman ini. Walaupun kitab ini kecil bentuknya, tapi sangat besar faidahnya. Ambilah pelajaran dari kitab ini, karena tidak ada orang yang lebih baik dalam menyampaikan seperti orang yang pengalaman.

Kepada yang Dzat yang Maha melihat dan Maha Mendengar-lah kami bersanda. Ialah Dzat yang tidak tercapai oleh mata, namun ia maha mengetahui setiap makhluqnya. Dialah dzat yang Maha Lembut dan Maha Mengetahui.

Sebelum kami memulai untuk menyebutkan faidah-faidah ini, akan kami sebutkan ayat-ayat yang menjelaskan hal yang berkaitan dalam pembahasan ini. Begitu juga akan kami sebutkan beberapa hadits shahih dan beberapa pemikiran yang bagus untuk disebutkan.

Terimalah nasihat ini, tidak ada yang aku harapkan dari para pembaca, kecuali doa yang baik.

Semoga dengan adanya faidah ini, bisa menyelamatkanku pada hari dimana tidak lagi berarti harta dan anak, kecuali hanya orang yang datang kepada Allah dengan hati yang bersih, maka merekalah yang diberi petunjuk di jalan yang lurus.

MIMPI YANG BAIK MERUPAKAN KABAR GEMBIRA (BISYAROH)

Dari Abu Salamah dari Ubadah bin as-Shomit bahwasanya Ubadah bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, apa pendapat Engkau tentang firman Allah yang berbunyi:

لَهُمُ الْبُشْرَى فِيْ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَ فِيْ الْآخِرَةِ

Artinya: “Bagi mereka kabar gembira di dunia dan di akhirat”.

Maka Rasulullah pun berkata kepada Ubadah: Kamu telah bertanya apa yang telah ditanyakan salah satu dari ummatku yaitu sebelummu, yang dimaksud dari ayat tersebut adalah mimpi yang baik, yaitu mimpi yang dilihat seseorang atau yang diperlihatkan kepadanya. Dari Abi Dzar bahwasanya beliau berkata: Wahai Rasulullah ada seseorang yang melakukan suatu perbuatan dan orang-orang memujinya. Maka Rasulullah berkata: Hal itu merupakan kabar gembira bagi orang mukmin (orang tersebut).

Dari Abdullah bin Amr dari Rasulullah Saw sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda: Bagi mereka kabar gembira di dunia dan akhirat, maksudnya mimpi yang benar hanya akan diberi kepada orang mukmin dan hal tersebut merupakan suatu bagian dari 46 bagian kenabian.

Dari Abu Hurairoh dari Nabi Muhammad Saw yang dimaksud dengan firman Allah tersebut adalah: Kabar gembira di dunia adalah mimpi yang baik yang dilihat seorang hamba atau yang diperlihatkan untuknya. Sedangkan yang dimaksud dengan kabar gembira di akhirat adalah surga. Dari Abu Hurairoh Ra meriwayatkan: Mimpi yang baik merupakan berita gembira dari Allah Swt. Dan dari Ummu Kariz al-Ka’bah berkata: Aku telah mendengar Rasulullah Saw berkata: Akan hilang masa kenabian dan akan tetap kabar gembira.

 

ada banyak amalan mimpi Nabi, maksudnya adalah amalan untuk mimpi bertemu Nabi Muhammad saw, diantaranya adalah

Disebutkan dalam kitab “Jaami’ Assholawat” hal.119 yang disusun oleh Sayyidi Yusuf An-Nabhani, beliau mengatakan bahwa kalimat ini dipebuhi dengan keberkahan, kalimat ini dibaca sebanyak 100 kali hingga 1000 kali untuk semua hajatnya dan dibaca sebanyak 1000 kali agar dapat bermimpi Nabi saw. Jika dia telah terbiasa untuk membacanya sebanyak 1000 kali setiap hari,niscaya allah akan memperkaya dirinya dengan kekayaan yang abadi dan akan dicintai semua makhluq juga akan dipalingkan bahaya dan keburukan dari dirinya. Keutamaan-keutamaan bacaan ini tidaklah bisa diibaratkan dengan kata-kata. Kalimat tersebut adalah:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلَّمْ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ قَدْرَ لَا إِلهَ إِلَّا الله وَ أَغْنِنَا وَاحْفَظْنَا. وَوَفِقْنَا لِمَا تُحِبُّهُ وَتَرْضَاهُ. وَاصْرِفْ عَنَّا السُّوْءَ. وَارْضَ عَنِ الحَسَنَيْنِ رَيْحَانَتَيْ خَيْرِ الأَنَامِ. وَعَنْ سَائِرِ آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَئِمَّةِ الهُدَى وَمَصَابِيْحِ الظَّلَامِ وَادْخِلْنَا الجَنَّةَ دَارَالسَّلَامِ. يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا اللهُ.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah sholawat serta salam kepada kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw dan kepada para keluarga. Tiada tuhan selain Allah. Cukupilah kami dan jagalah kami, sejahterakanlah kami dengan apa yang Engkau cintai dan ridhoi, hindarkanlah kami dari keburukan, dan berikanlah kesenangan kepada kedua hasan sang penyejuk sebaik-baiknya manusia, dan kepada semua keluarganya, para sahabatnya para pemimpin petunjuk dan penerang kegelapan. Masukkanlah kami ke dalam surga Darussalaam. Wahai yang Maha Hidup Kekal dan senantiasa mengurus makhluqNya, Ya Allah…

 

Disebutkan juga dalam kitab “Jámi’ Assholawat” oleh Sayyidi Yusuf An-Nabhani hal. 20, berkata Assyaikh Attijani: baranag siapa yang membiasakan diri membaca sholawat ini sebanyak 7 kali ketika hendak tidur dalam keadaan suci yang sempurna dan diatas kasur yang bersih, dia akan melihat Nabi saw, yaitu sholawat:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَيْنِ الرَّحْمَةِ الرَّبَّانِيَّةِ. وَاليَقُوْتَةِ المُتَحَقِّقَةِ الحَائِطَةِ بِمَرْكَزِ الفُهُوْمِ وَالمَعَانِي وَنُوْرِ الأَنْوَارِ المُتَكَوِّنَةِ الآدَمِي. صَاحِبِ الحَقِّ الرَّبَّانِي. البَرْقِ الأَسْطَعِ بِمُزْنِ الأَرْيَاحِ المَائِلَةِ لِكُلِّ مُتَعَرِّضٍ مِنَ البُحُوْرِ وَالأَوَانِي وَنُوْرِكَ اللَّامِعِ. الَّذِي مَلَأْتَ بِهِ كَوْنَكَ الحَائِطُ بِأَمْكِنَةِ المَكَانِ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَيْنِ الحَقِّ الَّتِي تَتَجَلَّى مِنْهَا عُرُوْشُ الحَقَائِقِ عَيْنِ المَعَارِفِ الأَعْلَمِ. صِرَاطِكَ التَّامِّ الأَقْوَمِ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى طَلْعَةِ الحَقِّ بِالحَقِّ الكَنْزِ الأَعْظَمِ. أَفَاضَتُكَ مِنْكَ إِلَيْكَ. إِحَاطَةِ النُّوْرِ المُطَلْسَمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ عَلَى آلِهِ صَلَاةً تَعْرِفُنَا بِهَا إِيَّاهُ.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah sholawat dan  kepada sumber rahmat ketuhanan, yaqut yang nyata lagi meliputi pusat pemahaman dan makna, cahaya segala cahaya keturunan Adam, pemilik kebenaran ketuhanan, kilat yang sangat berkilau di awan yang berangin lagi berguna bagi setiap orang yang merintangi lautan an waktu, cahayamu yang gemerlap yang mengisi alamMu dan meliputi seluruh tempat. Ya Allah limpahkanlah sholawat serta salam kepada sumber kebenaran yang tampak darinya bangunan kebenaran, juga kepada sumber pengetahuan Yang Maha Tahu, yang jalanMu yang sempurna dan terlurus. Ya Allah limpahkanlah sholawat dan salam kepada pembela kebenaran dengan kebenaran dan perbendaharaan yang besar yang menggenangiMu dan dariMu lagi kepadaMu, dan liputan cahaya yang diam. Sholawat Allah atasnya dan keluarganya, sholawat yang mengenalkan kami kepadanya.

 

 

berikut adalah amalan guru sekumpul untuk bermimpi Nabi Muhammad saw

 

 

jadi sudah dimengerti Apa Manfaatnya Mimpi Bertemu Rasulullah saw, Faedah dan Cara Bermimpi Nabi ?

 

yuk kita memperbanyak membaca sholawat

 

Jangan Lupa Share klik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.