Marketing Mix dan Cara Mengalahkan Market Place

  • Whatsapp

marketing mix dan Cara Mengalahkan Market Place

Apakah yang dimaksud dengan Marketing Mix ?

marekting mix ialah paduan strategi pemasaran atau bauran pemasaran terdiri dari

4P (Product, Price, Place, Promotion). Kemudian pakar menambahkan bauran pemasaran dalam bisnis jasa menjadi 7P. Hingga kini konsep marketing mix dianggap telah mengalami perkembangan menjadi 7P. Berikut masing-masing penjelasan selengkapnya

  1. Product (Produk)
  2. Price (Harga)
  3. Place (Tempat)
  4. Promotion (Promosi)
  5. People (Orang)
  6. Process (Proses)
  7. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Marketing Mix dalam dunia digital berkaitan erat dengan pengoptimalan SEO, semakin optimal SEO yang digunakan maka semakin unggul dalam dunia persaingan.

Cara Bersaing Dengan Marketplace di Google Search. Belanja online telah menjadi gaya hidup kaum urban modern. Saat ini, para penyandang literasi digital akan dengan senang hati membeli kebutuhannya di toko dan pasar online.

Gaya hidup jual beli online memberikan kesempatan sekali seumur hidup bagi pedagang untuk menjual produk atau layanan mereka secara online. Berbagai website toko online dan pasar aktif untuk bisnis online yang sedang berkembang terus bermunculan.

Bagi mereka yang sedang atau akan menjalankan bisnis toko online Tahukah Anda bagaimana bersaing dengan pasar? Saat ini beberapa situs pasar yang populer adalah Tokopedia, Bukalapak, Elevania, Blibli dan Lazada. Apakah Anda yakin situs toko online dapat bersaing dengan pasar ini?

Tentunya website toko online bisa bersaing dengan pasar. Anda dapat menarik pelanggan sebanyak mungkin untuk berbelanja di toko online Anda. Berikut 6 cara untuk menjaga daya saing toko online di pasar.

1. Perhatikan SEO

Anda harus bisa menarik trafik atau pengunjung website toko online Anda. Lakukan optimasi search engine optimization (SEO) yang baik agar website dan isinya dapat ditampilkan pada homepage mesin pencari web (seperti Google). Oleh karena itu, semakin banyak yang akan mengunjungi dan memahami situs toko online Anda.

cara tercepat untuk membangun SEO adalah, selain pemasaran, apa yang membuat pengunjung harus mengunjungi website anda ?, apakah disediakan buku PDF gratis, atau Buku Digital Marketing PDF secara gratis, atau voucher kortingan bagai yang share website ke FB seperti yang dilakukan web theme idtheme

2. Perhatikan kualitas konten

Perhatikan kualitas konten, seperti foto produk yang diunggah ke website toko online. Jika image kurang bagus, walaupun produknya bagus, customer akan ragu. Kemudian, perhatikan detail deskripsi barang yang dijual. Deskripsi produk akan memberikan informasi yang jelas dan meyakinkan kepada pelanggan.

seperti pembahasan sebelumnya, selain kualitas konten, mengapa pengunjung harus membaca dan mengunjungi website anda, apakah diberikan jasa dan pelayanan khusus ataukah disajikan gambar gambar yang menarik

3. Bangun kepercayaan

Pengunjung situs web toko online yang belum pernah berbelanja di rumah Anda mungkin ragu untuk membeli. Mereka mungkin khawatir toko online Anda palsu. Untuk itu, Anda harus bisa membangun kepercayaan. Misalnya dengan menggunakan nama domain pribadi dan melengkapi kontak yang jelas (seperti nomor handphone, alamat email, alamat toko offline) (jika ada). Selain itu, usahakan untuk tetap tanggap dan ramah agar pelanggan bisa mendapatkan pelayanan yang baik dan pengalaman berbelanja yang nyaman di toko online Anda.

Buat akun media sosial untuk lebih memperkenalkan toko online Anda dan menjangkau pelanggan. Saat ini sebagian besar pengguna internet sedang memainkan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, dll. Bekerja keras untuk menerbitkan dan mengikuti konten untuk menarik netizen agar mengikuti akun Anda dan membeli barang-barang Anda.

prihal kepercayaan mungkin tidaklah bisa dibangun secara instan, perlu kesabaran ekstra, namun seiring waktu branding kepercayaan akan semakinkuat

5. Memberikan promosi diskon

Sebagai pemilik, Anda memiliki kendali penuh atas situs toko online Anda. Anda dapat menawarkan promosi diskon untuk menarik pelanggan kapan saja, di mana saja. Tentu saja, jika Anda memberikan diskon kepada pelanggan, mereka akan sangat senang.

siapa yang tidak senang diskon ?, raditia dika berhasil menjual video tour stand upnya karena ada penawaran diskon khusus

6. Memberikan penawaran khusus

Tidak hanya diskon atau diskon, Anda juga bisa menawarkan penawaran khusus lainnya yang bisa menarik pelanggan. Misalnya, berikan layanan pengiriman gratis bagi pembeli di dalam kota, atau beli dua gratis satu. Tentu saja harap menghitungnya dengan benar terlebih dahulu, agar diskon atau penawaran khusus ini tidak benar-benar merugikan Anda.

Penawaran khusus misalnya yang saya lakukan dalam penjualan setiap pembelian pasti saya kasih hadiah item sederhana, semacam gantungan kunci, sticker, tas sederhana dan lain lainnya

seiring waktu market place akan bergeser pastinya

yuk kita bahas lagi tentang marketing mix

Jangan Lupa Share klik

Leave a Reply

Your email address will not be published.