Khutbah Jumat Trend Saat ini, Fenomena Sosial Pembahasan ChildFree

  • Whatsapp
Teks Khutbah Jumat Singkat trend saat ini fenomena sosial child free
Teks Khutbah Jumat Singkat trend saat ini fenomena sosial child free

Khutbah Jumat kali ini membahas hal yang lagi trend saat ini

yaitu Khutbah Jumat Trend Saat ini, Fenomena Sosial Pembahasan ChildFree

bagi yang ingin Khutbah Jumat Singkat PDF silahkan ambil di bawah ini

Khutbah Jumat Trend saat ini, Fenomena Pembahasan ChildFree

Al Faqier selaku khotib berwasiat kepada diri Al Faqier khususnya dan kepada hadirin umumnya, marilah kita meningkatkan nilai nilai ketaqwaan kita kepada Allah swt, dengan sebenar benarnya taqwa.

وَاتَّقُوا اللهَ وَيُعَلِّمُكُمُ اللهُ  وَاللهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْم

Artinya: “Dan bertakwalah kepada Allah, maka Allah akan mengajarkanmu, dan Allah maha mengetahui segala sesuatu “(Qs. al-Baqarah ayat: 282).

Fenomena saat ini di antara kalangan anak muda dan di social media, sedang ramai perbincangan membahas tentang ChildFree (baca : Chaild Frii) ,  Child artinya anak, Free artinya bebas, yaitu menjalani pernikahan namun tidak ingin memiliki anak.

ChildFree merupakan gagasan yang mungkin terlintas di kalangan anak muda, karena membayangkan betapa sulitnya mengasuh anak, membayangkan betapa sakitnya hamil dan melahirkan, betapa beratnya tanggungjawab yang diamanahkan untuk membesarkan anak, mungkin sebagian anak muda ada yang berfikir demikian, namun kebanyakan mereka yang menikah, tentunya sangat mendambakan kehadiran anak, sangat menginginkan kelahiran buah hati yang menggemaskan, hingga membayangkan ketika membuka pintu sepulang kerja, letih jerih payah sirna seketika ketika sang buah hati menyambut dengan senyuman riang gembira.

Opini gagasan ChildFree tentunya adalah keputusan bersama untuk pasangan yang menjalankannya, dan setiap sikap, langkah, keputusan tentunya tergantung niat dan harus siap untuk segala konsekwensinya, sebagaimana Nabi Bersabda :

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Setiap amalan tergantung pada niatnya, dan setiap seseorang bergantung pada niatnya, jika dia berniat ingin memiliki anak karena ingin membanggakan Nabi Muhammad saw dengan banyaknya ummat, maka ia dapat apa yang ia niatkan, jika ia ingin memiliki anak agar memiliki investasi akherat, maka ia akan mendapatkan apa yang ia inginkan.

Anak merupakan asset dan investasi penting bagi orangtuanya, layaknya sebuah investasi duniawi, harus teliti, diarahkan, diprioritaskan, dan diupayakan, agar sebuah investasi menjadi sangat menghasilkan dan berbuah manis untuk kedepannya, apalagi jika kita menginkan investasi akherat yang pahalanya mengalir secara abadi demi mengharap Ridho Allah swt.

Dengan kita mempunyai anak, maka berarti kita telah mengupayakan dan mengusahakan untuk mendapatkan cinta Nabi Muhammad, serta ridhonya dengan memperbanyak  umatnya  yang akan membanggakannya kelak pada hari kiamat. Sebagaimana hal itu telah disebutkan dalam haditsnya Nabi Muhammad saw berikut:

تَزَوَّجُوْا الوَلُوْدَ الوَدُوْدَ فَإِنِّيْ مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ يَوْمَ القِيَامَةِ

Menikahlah kalian, maka kalian akan menjadi banyak. Karena sesungguhnya aku merasa bangga dengan banyaknya umatku kelak di hari kiamat.

Ada percakapan unik yang terjadi antara seorang anak polos berusia 15 tahun dengan pamannya yang belum menikah hingga umur 40 tahun lebih, anak itu menanyakan pamannya dengan polosnya “mengapa paman tidak menikah”, sang paman menjawab “menikah itu kan Cuma melampiaskan hasrat semata, paman masih ingin sendiri” jawab pamannya  berkilah beralasan, anak itu kemudian berkata dengan polosnya “paman umurnya sudah 40 tahun lebih, nanti kalau tua ga ada yang ingat sama paman, ga ada yang merawat paman, tidak ada yang menemani paman”, sang paman kaget dan shock mendengar ucapan anak tersebut dengan polosnya, tahun berikutnya sang paman pun menikah hingga dikaruniai beberapa keturunan.

Menikah atau tidak menikah, ingin memiliki keturunan atau tidak dengan konsep ChildFree, silahkan ambil keputusan masing masing beserta konsekwensinya dan niat niat baik pula, mungkin ia memiliki permasalahan dan latar belakang tertentu yang menuntutnya untuk tidak segera memiliki anak atau tidak ingin memiliki anak, wallahu A’lam

Semoga Allah berikan kita anak anak yang sholeh dan sholeh dan Allah berikan kita taufiq hidayah serta kekuatan untuk membesarkan anak sebagai investasi akherat, agar kelak ada yang mendoakan kita dan setiap kebaikan sang anak menjadi amal jariah kita. Aminnn ya robbal alamin.

 

 

 

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

Teks Khutbah Jumat Singkat

Khutbah Jumat ini terinspirasi dari Buku Karya Habib Segaf Baharun, Anakku investasi Akheratku

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan  diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Saya kumpulkan teks khutbah ini juga secara khusus pada web silahkan kunjungi

Khutbah Jumat

atau telegram https://t.me/khutbahjumatpdf

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *