Khutbah Jumat Singkat, 2 Amalan Pembuka Pintu Rezeki

  • Whatsapp
Teks Khutbah Jumat Singkat pdf, Khutbah Jumat Singkat, 2 Amalan Pembuka Pintu Rezeki
Teks Khutbah Jumat Singkat pdf, Khutbah Jumat Singkat, 2 Amalan Pembuka Pintu Rezeki

ini adalah teks khutbah jumat singkat tentang 2 amalan yang membuat doa mustajab

bagi yang ingin teks khutbah pdf silahkan ambil di sini

Khutbah Jumat Singkat, 2 Amalan Pembuka Pintu Rezeki

معاشر المسلمين رحمكم الله

Di Hari yang mulia ini, di Mimbar yang mulia ini, Al Faqier selaku khotib berwasiat kepada diri Al Faqier Khususnya dan kepada hadirin umumnya marilah kita meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt dengan sebenar benarnya taqwa, Allah berfirman

وَاتَّقُوا اللهَ وَيُعَلِّمُكُمُ اللهُ  وَاللهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْم

Artinya: “Dan bertakwalah kepada Allah, maka Allah akan mengajarkanmu, dan Allah maha mengetahui segala sesuatu “(Qs. al-Baqarah ayat: 282).

Kita selalu mendengar sebuah ungkapan bijak “Rezeki Sudah Ada Yang mengatur”, yang Artinya ketentuan rezeki adalah hak prerogatif Allah / hak kekuasaan Allah sepenuhnya, namun terkadang kita terjebak dengan kata kata bijak ini, kata kata bijak tersebut sering kali dijadikan sebagai alasan untuk bermalas malasan, alasan untuk menunda pekerjaan bahkan sebagai alasan untuk tidak semangat bekerja, tentunya setiap kata bijak harus kita gunakan dengan bijak pula.

Nabi bersabda

إِنَّ اللهَ يُحِبُّ المُؤْمِنَ المُحْتَرِفَ

Sesungguhnya Allah mencintai Mukmin yang bekerja memproduksi.

Nabi bersabda

رَحِمَ اللهُ عَبْدًا : سَمْحًا إِذَا بَاعَ سَمْحًا إِذَا اشْتَرَى سَمْحًا إِذَا اقْتَضَى

Sesungguhnya Allah merahmati seorang hamba yang baik dalam menjual, baik dalam membeli dan baik dalam mengambil keputusan.

 

Nabi Bersabda :

إِنَّ الذُّنُوْبَ ذُنُوْبٌ يُكَفِّرُهَا إِلَّا الهَمُّ بِطَلَبِ المَعِيْشَةِ

Sesungguhnya diantara dosa dosa ada dosa yang tidak diampuni kecuali dengan kesumpekan dalam mencari nafaqoh kehidupan.

Maka di dalam pekerjaan, di dalam proses pencarian rezeki untuk menafkahi keluarga, ada cinta dan kasih sayang rahmat Allah yang Allah berikan, juga pengampunan dosa di setiap kesumpekan dan kesulitan ketika ia mengais rezeki, dan ketika mengeluarkan hartanya untuk menafkahi keluarga, shodaqoh dan amal jariah ia pun mendapat Ridho Allah dan keberkahan karena hartanya tersebut disalurkan kepada kebaikan.

Maka input dan outpun harta yang baik akan membuahkan pahala yang besar walaupun secara kasat mata adalah pekerjaan duniawi.

Dengan memahami hikmah di balik pekerjaan, maka kita akan memahami makna sebuah istilah “Rezeki Sudah Ada Yang mengatur”, yang artinya setiap kita memiliki porsi rezeki tertentu maka tugas kita adalah berusaha atau dengan istilah lainnya “menjemput rezeki”, dan kita bertawakkal penuh setelah ikhtiar sekuat tenaga,  kita pun menjauhi hal hal yang tidak diridhoi Allah dalam proses menjemput rezeki tersebut, karena sudah menjadi ketentuan dan aturan Allah, rezeki yang halal akan menuai keberkahan dan rezeki yang haram akan menuai keapesan.

 

Selain mengetuk pintu rezeki dengan upaya dan usaha, kita seyogyanya pula untuk mengetuk pintu langit agar dalam upaya kita mendapatkan rezeki diberikan keberkahan dan kemudahan, dengan mengetuk pintu langit maka akan dengan mudahnya pintu rezeki akan terbuka, mengetuk pintu langit artinya dengan berdoa, bershodaqoh, silaturahmi dan hal hal lainnya yang diridhai Allah dan membuat harta benda menjadi berkah.

Diantara juga dengan membaca dua amalan ini, amalan ini akan memudahkan seseorang untuk meluaskan rezekinya

2 hal yang membuka pintu rezeki adalah istigfar dan sholawat.

Istighfar diibaratkan membersihkan sebuah ruangan dan sholawat menghiasinya.

Istighfar membersihkan ruang hati dan jiwa dan sholawat menghiasinya

Istighfar menghapuskan dosa dan sholawat memberikan kelipatan pahala.

Dan keduanya adalah amalan untuk mempermudah rezeki

Nabi Bersabda :

مَنْ لَزِمَ الاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمِّ فَرَجاً، وَمِنْ كُلِّ ضِيْقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Barangsiapa yang melazimkan / trus menerus membaca istighfar  maka Allah  akan menjadikan untuknya untuk setiap kesumpekan ada kelapangan, dan setiap kesempitan ada jalan keluar dan Allah berikan rezeki yang tak terhingga.

Adapun sholawat, ada ragam sholawat yang bisa kita amalkan dan sudah mujarrab untuk memudahkan rezeki diantaranya adalah sholawat nariyah, sholawat hajat, sholawat al busyro dan lain lainnya.

Para ulama mengatakan : Jika kamu ingin doamu Mustajab maka awalilah dengan sholawat dan akhirilah dengan sholawat, karena sholawat pasti di terima oleh Allah swt.

Itulah mengapa setiap doa pasti diawali dan diakhiri dengan sholawat.

Tinggal kita amalkan dan kita terapkan, untuk rutin membaca istighfar dan sholawat secara rutin setiap hari.

 

Semoga Allah berikan kita taufiq dan hidayahnya agar istiqomah membaca istighfar dan sholawat kita, agar tiap waktu yang terlewati dari hari hari kita penuh dengan ibadah dengan istigfar dan sholawat

 

 

Untuk Download Teks Khutbah Secara Lengkap Silahkan Klik

Teks Khutbah Jumat Singkat

Khutbah Jumat ini terinspirasi dari Kitab Nashoih Diniyah

Semoga bisa Update selalu setiap minggunya, untuk yang ingin selalu menyimak Update silahkan Klik t.me/hilyah_nur

Untuk Usulan Tema Tema Khutbah silahkan Berkomentar di IG @Hilyah_Nur atau di Web hilyah.id,

Jika khutbah ini kepanjangan atau terlalu pendek silahkan  diedit sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan public sekitar.

Jika ada kebaikan dan pahala dalam penulisan teks khutbah ini semoga bisa menjadi amal jariah untuk orang tua,  keluarga dan Para Guru, terima kasih banyak sudah share

Saya kumpulkan teks khutbah ini juga secara khusus pada web silahkan kunjungi

Khutbah Jumat

atau telegram https://t.me/khutbahjumatpdf

Mohon Maaf jika ada kesalahan diksi kata maupun penulisan, terima kasih banyak

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *