Khutbah Idul Fitri, Habib Segaf Baharun, Hikmah Besar Saat ini

  • Whatsapp
Khutbah Idul Fitri, Ustad Segaf Baharun, Habib Segaf Baharun, khutbah jumat,
Khutbah Idul Fitri, Ustad Segaf Baharun, Habib Segaf Baharun, khutbah jumat,

Khutbah Ied Fitri ini disampaikan oleh Habib Segaf bin Hasan Baharun

Mohon Maaf jika saya ada kesalahan dalam penulisan dan transkip ceramah / khutbah

untuk donwlond khutbah idul fitri PDF silahkan klik di sini dan tinggal print out, semoga saya bisa mentranskip ceramah dan menulis teks teks khutbah lainnya

Khutbah Idul Fitri Habib Segaf Baharun

Khutbah Idul Fitri Habib Segaf Baharun

Jamah ied Sidang sholat ied yang berbahagia

marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Allah swt.

sehingga pada hari kemenangan ini kita bisa bersama sama dengan hidayahya serta inayahnya kita bisa bersama sama bertakbir bertahil dan bertahmid kepada Allah yang maha besar dan maha agung

Kalimat takbir menggema di seluruh dunia, lain lagi yang digemakan oleh makhluk makhluknya kita tidak melihatnya yang dikatakan oleh para ulama lebih banyak lagi, sehingga seantero alam semesta ini lebih banyak lagi, dari semenjak semalam sampai ketika imam bertakbir.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar

yang demikian itu, kita disunnahkan untuk mengungkapkan, untuk mengutarakan bahwasanya memang benar di atas segala sesuatu yang ada di atas sesuatu yang agung di atas segala sesuatu yang besar, maka Allah lah yang lebih besar, Allah yang lebih besar itulah yang harus kita tanamkan dalam hati kita, Allah lebih besar itulah yang harus di tanamkan dalam kedua mata kita, Allah lebih besar itulah yang harus ditanamkan dalam kedua telinga kita, Allah lebih besar itulah yang harus kita rasakan kita sematkan dalam semua komponen tubuh kita, Allah Lebih Besar, dari semua aturan apapun peraturannya, lebih besar dari kenikmatan apa pun kenikmatannya, lebih besar dari siksa apa pun siksaannya, sebagaimana juga lebih besar rahmatnya di atas rahmat segala galanya.

 

Allah Maha Besar,

Sehingga patut yang kita besarkan dan kita agungkan adalah Allah, selain Allah adalah kecil, pengaruhnya kecil, efeknya kecil, imbasnya kecil, dan kita bisa merasakan semuanya dalam satu bulan terakhir, kita tinggalkan semua aturan, kita tinggalkan semua selera dan keinginan, semuanya karena kita menuruti perintahnya yang maha agung, yang maha besar.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil Hamd.

Kita melaksanakan puasa sebulan suntuk, dan Alhamdulillah dengan hidayah serta inayahnya kita bisa melaksanakannya, kita melaksanakan sholat tarawikh sebulan suntuk, dan alhamdulillah dengan hidayah serta inayahnya kita juga bisa menuntaskannya, kita bisa menghatamkan al qur’an kita bisa bersedeqah.

Bahkan dengan cobaan yang Allah ciptakan, yang Allah berikan kepada kita semuanya, kita lebih dekat kepada keluarga, sekarang kita sedang dicoba, untuk bagaimana kita memilih antara sesuatu yang nyata dan sesuatu yang tidak nyata tapi sebaliknya semua itu adalah perintah dari Allah swt, yang tadinya pada tahun tahun kemaren kita melaksanakan sholat ied dengan bershof shof dengan rapat dan lurus, tapi sekarang ada sebuah sela, ada sebuah jarak antara kita, tidak ada lain, tidak ada perintah dalam Al Qur’an tidak ada perintah dalam hadist Nabi, tapi itulah sesuatu yang nyata yang kita diperintahkan untuk mengikutinya, ini adalah ranah daripada pakar medis untuk mengikutinya, para pakar dokter, sehingga kita harus mengikutinya, apalagi ditimpali lagi dalam sebuah perintah dari pemerintah.

yang dikatakan dalam Al Qur’an

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنكُمْ

Tahun tahun kemaren, kita bersalam salaman, bahkan kita berpeluk pelukan,tapi tahun ini kita dihimbau untuk tidak melakukannya, bukan karena kita meninggalkan sunnah tidak, tapi karena Nabi Muhammad saw sendiri yang memerintahkan untuk kita melakukan kewaspadaan, Nabi Muhammad saw sendiri yang menganjurkan para sahabatnya ketika terjadi suatu waba’ untuk kita berada di rumah dan tidak keluar, itu pun juga termasuk ibadah.

Bahkan kata Nabi Muhammad saw pada saat itu, ketika sudah terjadi wabah dan menyebar kemana mana, mereka yang berada dalam rumah dan beribadah mendapatkan pahala dari Allah swt.

Alhamdulillah sebulan suntuk, bahkan lebih dari sebulan, selain kita beribadah, beribadah dengan puasa ramadhan, melaksanakan sholat tarawikh, kita juga beribadah dengan kita melaksanakan perintah Allah dan perintahnya Nabi Muhammad saw.

oleh karena itu, marilah kita ambil hikmahnya. di sini kita harus meyakini bahwasanya Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Agung, ketika Allah sudah berkehendak, tidak ada satu pun Negara yang lebih agung, tidak ada satu negara pun yang super power, tidak ada seorang pun yang mempunyai keilmuan yang luar biasa, tidak ada seorang pun atau negara mana pun, yang mempunyai kekuatan yang dakhsyat, tidak ada yang bisa menghadang, jika Allah berkehendak, Allah tidak memerintahkan pasukannya yang berupa gajah gajah yang besar, atau harimau yang lebih kecil tapi menakutkan dan buas, tapi Allah memerintahkan sebuah makhluk yang lebih kecil yang bahkan tidak nampak oleh mata, tapi semua manusia di seluruh dunia, yang pintar, yang tidak pintar, yang ahli, yang tidak ahli, yang terpelajar yang tidak terpelajar, semuanya takut, hanya karena makhluk yang Allah ciptakan, bagaimana kita dengan Allah yang menciptakannya, oleh karena itu para hadirin yang dimuliakan Allah swt.

Cukuplah kita ambil hikmah yang banyak, begitu banyak, sehingga kita lihat bagaimana keadaan keadaan yang sekarang kita hadapi semuanya itu, insya Allah berkat kita mengambil hikmahnya, Allah akan gantikan semuanya, yang tadinya diPHK Allah berikan pekerjaan yang lebih baik, yang tadinya tidak mendapatkan nafkah Allah akan berikan kekayaan yang lebih, karena Allah yang Agung, Allah yang Besar, Allah yang Segala Galanya, bukanlah semua instansi, bukanlah semua lembaga, bukanlah semua manusia yang menentukan, tapi Allah lah yang Ar Hamar Rohimin. Ibadallah, Ketahuilah, bahwasanya sebaik baiknya petunjuk adalah Al Qur’an :

Allah berfirman dalam Al Qur’an

وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ .

أقول قولي هذا وأستغفر الله العظيم لي ولكم ولسائر المسلمين فاستغفرو إنه هو الغفور الرحيم

Sumber teks Khutbah Idul Fitri Singkat Menyentuh hati

untuk teks khutbah idul fitri singkat menyentuh hati sumbernya dari video ini, mohon maaf jika saya ada kesalahan dalam penulisan teks khutbah

 

Khutbah Idul Fitri dan Khutbah Jumat Singkat lainnya lengkap

 

Untuk Teks Khutbah Lainnya Silahkan klik

Khutbah Jumat Singkat

 

Khutbah Idul Fitri

 

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *