Etika Bisnis Kaum Sufi

Etika Bisnis Kaum Sufi

  • Dalam berbisnis, kerugian seribu rupiah akan membenani pikiran, bukan karena nominalnya, tapi karena hal itu menunjukkan ketidak-cerdasan dia dalam berbisnis.
  • Buktinya, saat kita terlanjur membayar terlalu mahal untuk barang yang seharusnya lebih murah, kita akan “membela diri” dengan menyertakan seribu satu alasan.
  • Namun saat kita bisa membayar dengan lebih murah untuk barang yang semestinya lebih mahal, maka kita akan bangga dan menceritakannya sebagai wujud kemenangan.
  • Dalam etika bisnis tasawuf, saat bertransaksi dengan orang yang kaya, sudah seharusnya kita bertransaksi dengan ketat, meskipun memperjuangkan seribu rupiah misalnya. Sebab, laba yang mereka peroleh (biasanya) untuk memperbanyak harta.
  • Namun saat bertransaksi dengan orang miskin, sudah sepantasnya kita bertransaksi dengan rasa belas-kasih. Sebab, laba yang mereka peroleh digunakan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Jadi ada unsur “sedekah sirriyyah” di dalamnya.
  • Contoh sederhananya: jangan terlalu “kejam” menawar dagangan tukang sayur atau menuntut mereka mengembalikan uang kembalian jika nilainya tak seberapa.
  • Namun saat berbelanja di market mini atau super, maka kejarlah uang kembalian meskipun recehan.

~ Menjadi Sufi Berduit, Ahmad Dairobi : 294 – 297 ~

Jangan Lupa Share klik
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hilyah.id

http://hilyah.id/ web tentang jurnal Hilyah Web ini disajikan oleh Nur Hanifansyah, berupa kumpulan ceramah, khutbah, cerita tentang para ulama, para habaib dan para salaf sholeh, juga menyajikan pembelajaraan bahasa arab yang mudah sesuai tingkatan, pemula, menengah dan mahir / advanced.,., adapun Hal lainnya adalah wawasan yang disajikan oleh Nur Hanifansyah, web Hilyah merupakan tanggung jawab penuh oleh Nur Hanifansyah, di web ini juga dia menyajikan cerita cerita tentang Habib Hanif Alattas, selaku Pecinta Habib Hanif Alattas

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *